Disdik Garut Tetapkan Jadwal Libur Sekolah Pada Lebaran Tahun Ini

oleh -811 Dilihat
oleh

 

 

Garut, Realita Indonesia.Com — Kegiatan belajar mengajar (KBM) pada bulan Ramadhan telah memasuki akhir Ramadhan.Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut menetapkan kegiatan pembelajaran pada bulan Ramadan 1444 Hijriah sampai dengan 15 April 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Ade Manadin melalui Kabid Sekolah Dasar Suryana menyampaikan, untuk libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H akan dimulai 17 hingga 29 April 2023.

“Sedangkan bagi kelas 1 sampai dengan kelas 5 mulai libur 9 April 2023 sedangkan untuk kelas 6 mulai libur 16 April 2023,” ujar Suryana.

Ia menuturkan, bahwa selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah di satuan pendidikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran disesuaikan. Selain mengurangi lamanya pelaksanaan kegiatan, juga masuk dan pulang sekolah ada perubahan,

“Seperti jenjang TK, PAUD, dan Kelompok Belajar (KB) masuk pukul 08.00 – 09.00 untuk Belajar Utama selanjutnya penumbuhan budi pekerti dan kegiatan pesantren kilat. Hal sama berlaku untuk SD kelas 1 sampai dengan kelas 3,” ucapnya.

Dikatakan Suryana, sedangkan untuk kelas 4 sampai dengan kelas 6 mulai pukul 08.00 hingga pukul 11,00 belajar utama. Dan dilanjutkan pada pukul 11.00 sampai dengan 12.00 penumbuhan budi pekerti dan kegiatan pesantren Ramadan, diakhiri sholat zhuhur berjemaah.

“Begitupun sama dengan dengan jenjang SMP. Hanya saja khusus hari Jumat kegiatan pembelajaran utama dan pesantren Ramadan disesuaikan. Artinya bila di sekolah belum memiliki mushola. Sholat dhuhur berjemaah bisa menggunakan ruang kelas yang ada,” ujarnya.

Sementara kegiatan bagi perserta didik non muslim, di bulan Ramadan ini diisi selain belajar utama juga kegiatan penumbuhan budi pekerti sebagai upaya penguatan pendidikan karakter.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.