Banyak Diincar Wisatawan 10 Rekomendasi Tempat Kuliner Kaki Lima Populer di Bali

oleh -51 Dilihat
oleh

Menyimpan segudang pesona keindahan alam, kekayaan budaya, serta keanekaragaman kuliner membuat Pulau Dewata masih menjadi destinasi wisata favorit masyarakat lokal maupun turis mancanegara untuk liburan.

Selain panorama alamnya yang menakjubkan, Beauties juga bisa menjelajah aneka kuliner kaki lima yang punya rasa enak dan murah meriah. Tak heran, tempat makan kaki lima ini nggak pernah sepi oleh pengunjung, bahkan kerap diincar wisatawan yang penasaran dengan kelezatan rasanya.

Lantas, tempat makan kaki lima mana saja yang wajib kamu coba? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, Beauties!

1. Warung Mak Beng

Selalu menjadi incaran para turis lokal dan asing saat berkunjung ke Bali, Warung Mak Beng merupakan salah satu kuliner legendaris yang wajib masuk list untuk dikunjungi.

Uniknya, Warung Mak Beng hanya menyajikan satu set menu makanan saja. Dalam satu set menu terdiri dari nasi putih, ikan goreng, sambal dan sup ikan. Satu porsi hidangan tersebut dijual dengan harga Rp 55.000, belum termasuk minuman.

Berlokasi di Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 Wita. Namun, ada baiknya Beauties tidak datang di waktu jam makan siang atau makan malam untuk menghindari antre terlalu panjang.

2. Nasi Pedas Ibu Andika

Tak lengkap rasanya ke Bali, kalau belum mencicipi Nasi Pedas Ibu Andika. Warung ini menyajikan beragam menu makanan rumahan. Salah satu menu andalan yang jadi favorit banyak orang adalah nasi pedas kulit ayam. Kulit ayam garing dipadukan dengan nasi hangat dan sambal super pedas, dijamin bikin ketagihan.

Eits, jangan khawatir, bagi yang tidak suka pedas pun tetap bisa menikmati menu makanan di sini kok. Kamu hanya perlu request menu tanpa sambal saja. Untuk kisaran harga makanan di sini mulai dari Rp 19 ribu sampai Rp 50 ribu per porsi.

Nasi Pedas Ibu Andika sendiri telah memiliki beberapa cabang di Bali. Lokasinya di Jalan Blambangan No. 55, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Serta ada yang di Jalan Patih Jelantik Ruko No. 9, Legian, Kecamatan Kuta.

Buka selama 24 jam, warung makan ini cocok untuk Beauties yang gemar wisata kuliner malam-malam nih. Yuk, yang lagi liburan di Bali, jangan lupa mampir!

3. Babi Guling Ibu Oka

Tempat makan ini sangat terkenal di Bali, terutama dikalangan wisatawan, baik lokal maupun luar negeri. Babi Guling Ibu Oka merupakan salah satu kuliner legendaris yang sudah turun temurun hingga tiga generasi. Buka sejak tahun 1980, warung Babi Guling Ibu Oka sudah memiliki tiga cabang di Bali.

Berbeda dari warung makan babi guling lainnya, racikan rempah dan bumbu Bali sangat mempengaruhi rasa kelezatan babi guling di sini. Untuk menikmati satu porsi nasi babi guling yang lezat ini harganya berkisar Rp 55 ribu, belum termasuk minuman.

Tertarik untuk mencicipinya, Beauties bisa datang ke salah satu cabang warung Babi Guling Ibu Oka yang berada di daerah Ubud, Gianyar, Bali. Beroperasi mulai pukul 11.00-21.00 Wita, tempat ini selalu ramai di jam makan siang. So, sebaiknya hindari jam tersebut agar tidak terlalu antre ya, Beauties.

4. Sate Plecing Arjuna

Bukan hanya sate lilit yang populer di Bali. Beauties juga harus mencicipi nikmatnya Sate Plecing Arjuna yang cukup legendaris ini. Ada beberapa jenis sate yang bisa dipilih, mulai dari sate babi, sate ayam, sate kambing hingga sate sumsum yang kenyal.

Berbeda dari sate biasanya yang menggunakan bumbu kacang. Sate Arjuna menggunakan sambal plecing yang diberi tambahan minyak dan jeruk limau membuat aromanya sangat khas dan rasanya begitu unik.

Harga yang ditawarkan berkisar Rp 24.000 per porsinya, berisi 10 tusuk sate. Buka dari pukul 09.00-19.00 Wita, Sate Plecing Arjuna terletak di Jalan Arjuna No. 47, Dauh Puri Kaja, Kota Denpasar.

5. Nasi Campur Men Weti

Nasi Campur Men Weti merupakan salah satu destinasi kuliner kaki lima yang selalu ramai di kawasan Sanur. Bukan hanya warga lokal saja, tapi juga turis mancanegara pun sangat menyukai sajian khas ini.

Nasi Campur Men Weti terdiri dari berbagai jenis lauk pauk khas Bali yang telah dibumbui dengan cita rasa yang unik dan mengunggah selera. Biasanya, dalam satu porsi nasi campur berisi ayam betutu, ayam suwir, sayuran, sate lilit, dan kulit ayam goreng yang menjadi favorit di warung ini.

Menjajal rasa penasaran dengan mencicipi seporsi Nasi Campur Men Weti, Beauties cukup mengeluarkan uang Rp 30 ribuan saja. Dengan harga tersebut, Beauties dapat menikmati kelezatan kuliner kaki lima terpopuler di kawasan Sanur, lho!

6. Nasi Tempong

Selalu jadi incaran wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Dewata, Nasi Tempong Indra merupakan salah satu warung makan nasi tempong populer di Bali. Warung ini terkenal dengan cita rasa sambal tempongnya yang begitu khas dan super pedas.

Selain itu, Nasi Tempong Indra juga terkenal dengan pelayanan dan penyajian makanannya yang cepat. Tak heran, kini warung makan Tempong Indra telah memiliki empat cabang yang berada di kawasan Kuta, Renon, Soputan, hingga Bedugul. Buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 Wita.

Soal harga, sajian nasi tempong di warung ini cukup bervariasi. Mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 75 ribuan, tergantung lauk pauk yang dipilih.

7. Nasi Tahu Ni Sarti

Beragam jenis sajian nasi khas Bali memang kerap mengundang rasa penasaran ingin mencicipinya. Salah satunya adalah Nasi Tahu Ni Sarti yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bali.

Uniknya, warung ini hanya menyediakan satu menu saja, yaitu nasi tahu. Sajiannya terdiri dari nasi putih, tahu goreng, kerupuk tahu, urap sayur, dan sambal. Untuk mencicipi nasi tahu yang legendaris ini, Beauties hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 7 ribuan saja, per porsinya.

Nasi Tahu Ni Sarti terletak di Pasar Seni Pagi Sukawati, Jalan Lettu Wayan Sutha I, Banjar Gelulung, Gianyar. Warung ini buka dari jam 07.00-13.00 Wita. Bahkan, tak jarang sebelum jam makan siang nasi tahu legendaris ini sudah habis.

8. Nasi Ayam Bu Oki

Termasuk salah satu warung nasi campur paling populer di Bali. Warung Nasi Ayam Bu Oki sudah memiliki beberapa cabang di Bali, tepatnya di daerah, Sanur, Jimbaran, Nusa Dua, sampai Uluwatu.

Sama seperti nasi campur pada umumnya, satu porsi Nasi Campur Bu Oki disajikan bersama dengan lauk pauk yang lengkap dan cukup banyak. Mulai dari ayam betutu, ayam suwir, sayuran, lawing, sambal matah, dan sate lilit. Cita rasa dari bumbu Bali yang khas sangat mengunggah selera saat menyantapnya.

Harga satu porsi Nasi Ayam Bu Oki cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp30 ribuan saja. Selain menjajal rasa nasi campur, Beauties juga bisa menambahkan berbagai jenis keripik yang disediakan di sana untuk melengkapi kelezatan nasi campur itu.

9. Nasi Campur Ayam Mek Juwel

Nasi Campur Ayam Mak Juwel merupakan salah satu warung makan legendaris yang menyajikan menu nasi ayam nikmat sejak tahun 1980 di Bali. Warung ini termasuk yang wajib dikunjungi saat tengah berwisata kuliner di kawasan Ubud.

Nasi campur dengan lauk ayam betutu menjadi primadona di warung ini. Selain ayam betutu, ada juga ayam panggang, lawar, hingga sate lilit yang enak. Semakin nikmat, jangan lupa tambahkan sambal embe racikan Mak Juwel yang pedasnya bikin nampol.

Seporsi nasi campur ayam Mak Juwel dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 ribuan saja, Beauties. Meski harganya murah meriah dan tempatnya sedikit ‘ngumpet’, tapi soal rasa sudah nggak perlu diragukan lagi deh!

10. Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku

Satu lagi kuliner legendaris di Bali yang wajib dikunjungi, yaitu Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Sudah berdiri sejak 1964 silam, warung makan ini telah berusia lebih dari setengah abad.

Warung Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku sendiri sudah memiliki tiga cabang di Bali, diantaranya ada di kawasan Ubud, Seminyak dan Renon. Uniknya, setiap cabang warung nasi Ibu Mangku memiliki tema yang berbeda-beda, lho.

Beauties bisa mencoba satu porsi Nasi Ayam Kedawetan Spesial yang berisi nasi putih, ayam betutu, sate lilit, telur pindang, ayam suwir, ati ampela, urap sayur, dan sambal yang dibanderol harga sebesar Rp 35 ribuan saja.

Perpaduan rasa antara nasi ayam gurih dan sambal yang nikmat membuat siapa saja yang mencicipinya tak bisa berhenti ngunyah hingga suapan terakhir deh.

***

 

 

 

 

Sumber :KOMPAS.com

 

No More Posts Available.

No more pages to load.