Universitas Siber Asia Perkuat Kesehatan Lingkungan Sekolah dengan Gerakan PHBS di SDIT Al-Wasilah, Cilacap

oleh -317 Dilihat

Cilacap, Januari 2024 – Universitas Siber Asia (UNSIA) mengadakan Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Wasilah Cilacap, Jawa Tengah, sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) Yayasan Al-Wasilah dan merupakan implementasi dari mata kuliah Corporate Social Responsibility (CSR) yang diajarkan oleh Dosen Ibu Rosanah, S.S., M.I.Kom.

Gerakan PHBS ini dilakukan dengan fokus pada pendidikan dan kesehatan masyarakat. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan sehat, UNSIA berkolaborasi dengan pihak sekolah dalam penyelenggaraan kegiatan ini dan sebagai eksekutor kegiatan adalah Mahasiswa Prodi Komunikasi UNSIA dengan team leader Achmad Maulana Abu,  dengan 2 supporting team Yudi Nurdian dan Syarif Hidayat. Dimulai dengan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, kegiatan ini juga melibatkan pembagian makanan sehat seperti susu dan buah kepada siswa-siswi SDIT Al-Wasilah untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Siswa-siswi SDIT Al-Wasilah aktif terlibat dalam membersihkan lingkungan sekolah, termasuk kelas, halaman, dan fasilitas lainnya. Mereka juga diberikan pemahaman tentang cara mencuci tangan yang benar sebagai langkah awal dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Guru dan orang tua diajak untuk turut berperan aktif dengan memberikan edukasi kepada siswa mengenai pentingnya menjaga kesehatan.

Maulana Abu, selaku koordinator Gerakan PHBS, menyatakan, “Gerakan PHBS ini tidak hanya berfokus pada kebersihan fisik, tetapi juga pada aspek-aspek pendidikan dan sosialisasi kepada siswa dan guru. Kami percaya bahwa pendidikan PHBS sejak dini akan membentuk perilaku hidup sehat yang berkelanjutan.”

Sebagai bagian dari kontribusinya, Mahasiswa UNSIA dalam Gerakan PHBS memberikan bantuan peralatan kebersihan dan sarana pendukung lainnya untuk mendukung kelangsungan Gerakan PHBS di SDIT Al-Wasilah. Harapannya, Gerakan PHBS ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesehatan dan kebersihan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Semangat kolaborasi antara pihak sekolah, Mahasiswa UNSIA, dan masyarakat menjadi fondasi utama dalam mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkualitas.

No More Posts Available.

No more pages to load.