Dr.Hj.Siti Mufatthah,psi.,MBA Mengedukasi Warga Garut Terkait LPS Untuk Meningkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan

oleh -2024 Dilihat
oleh

 

Garut, Realita Indonesia.Com – Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Dr. Hj. Siti Mufattahah, Psi., MBA mengadakan Seminar Nasional terkait peranan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam memperkuat sistem perbankan Indonesia, Senin 30 Oktober 2023 di Gedung Chandra Kirana Hotel, kawasan Cipanas, Kabupaten Garut.

Dalam sosialisasi dan edukasi ini, Siti Mufattahah juga menghadirkan langsung pemateri dari LPS yaitu Prof. Dr. H. Abdul Somad, M. Pd dan juga Kepala Divisi Surveilans Bus dan BPRS LPS Gamaginta.

Dalam hal ini Siti Mufattahah mengedukasi warga Kabupaten Garut terkait peranan LPS untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan.

Hal ini perlu dilakukan, pasalnya banyak masyarakat yang sekarang ini terjebak dengan pinjaman online (pinjol) ilegal yang menjerat. Hal itu kata Siti, karena minimnya literasi mengenai keuangan.

“Saya kira masih perlu banyak sosialisasi kepada masyarakat, karena kita harus maklumi literasi keuangan di masyarakat masih sangat rendah sehingga masyarakat masih sering dimainkan oleh pelaku industri jasa keuangan, apalagi pinjol ini masih sangat berpengaruh di masyarakat,” ujar Siti Mufattahah.

Meningkatkan literasi dan inklusi keuangan juga menurutnya penting dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat guna memahami sektor keuangan untuk menopang kehidupan yang lebih baik.

Siti Mufattahah pun mendukung LPS untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peran dalam memperkuat sistem perbankan Indonesia.

“Kita berharap, LPS meningkatkan perannya dalam memperkuat sistem perbankan Indonesia mengingat literasi keuangan di masyarakat masih sangat rendah,” katanya.

Lebih lanjut, Siti Mufattahah mengajak seluruh stakeholder di industri keuangan untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman dan literasi keuangan di masyarakat.

“Jadi bukan hanya tugas LPS, OJK dan BI. Kami di Komisi XI bersama dengan mitra sampai saat ini melakukan sosialisasi untuk meningkatkan literasi, tetapi tentunya kami juga masih sangat terbatas, karenanya ini menjadi kewajiban yang dilakukan secara bersama,” pungkasnya.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.