Perumda Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut Tanam 2000 Pohon

oleh -657 Dilihat
oleh

Garut, Realita Indonesia.Com —  Dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya, Perumda Air Minum Tirta Intan kabupaten Garut menyelenggarakan kegiatan penanaman 2000 pohon yang dilaksanakan pada jumat, 2 Februari 2024.

Kegiatan ini di inisiasi langsung oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut, Dr. H. Aja Rowikarim dengan membentuk Tim Peduli Alam dan Lingkungan yang melibatkan partisipasi aktif seluruh jajaran direksi dan karyawan di Lingkungan Perumda Air Minum Tirta Intan, serta melibatkan masyarakat setempat sebagai bagian dari upaya bersama untuk menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan sumber daya air yang menjadi aset berharga bagi keberlangsungan kehidupan.

Dalam sambutan nya Dirut menyatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Perumda Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan menjaga sumber daya air, serta untuk mengambil langkah konkret dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Salah satu aspek utama dari kegiatan ini adalah penanaman pohon yang memiliki fungsi ekologis dan ekonomis di area Situ Ciharemas, situ resapan air milik pemda garut yang air situnya kering saat musim kemarau tiba. Di dalam kegiatan ini, sebanyak 2000 pohon ditanam di area situ Ciharemas, bantaran sungai Cimanuk dan area – area yang menjadi tangkapan/resapan air dengan jenis pohon Trembesi, kopi, jambu biji, dan manglid.

Penanaman pohon ini diharapkan dapat membantu menjaga wilayah resapan air dan mengurangi sedimentasi, serta meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar Situ Ciharemas, ujar Dr. H. Aja Rowikarim dalam sambutan nya.

Hadir pula Camat Cirupan bapak Mamun, Kepala desa Cisurupan,, Kapolsek. Danram, Mang Ipin tokoh masyarakat yang konsen terhadap lingkungan dan konservasi air juga organisasi kepemudaan cisurupan.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.