Mengenal “Sirekap” Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilihan Serentak

oleh -1590 Dilihat
oleh

Garut, Realita Indonesia.Com — Dikutip dari halaman resmi KPU. KPU RI memamerkan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) Pemilu 2024 dapat diakses HP android dan iOS. Bahkan, Sirekap dapat diakses masyarakat dalam keadaan online maupun offline.

KPU menjelaskan, fungsi dan tujuan Sirekap ini untuk menyampaikan hasil penghitungan suara secara cepat kepada publik. Bahkan, Sirekap bakal ditayangkan langsung dalam sistem informasi KPU.

“Sirekap tetap dilakukan sebagai alat bantu KPU dalam menyampaikan hasil kepada masyarakat, karena Sirekap ini akan sangat presisi. 100 persen TPS yang ada untuk ditayang langsung dalam sistem informasi yang dimiliki oleh KPU,” kata Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos.

Dalam penyajian informasi, Betty menegaskan, Sirekap jauh lebih mudah di akses daripada Situng pada pemilu sebelumnya. Nantinya, anggota KPPS hanya perlu foto hasil penghitungan suara.

“Nantinya secara otomatis tersalin di aplikasi Sirekap tersebut. Kami sudah beberapa kali simulasi, dan ini rancangan beberapa update dari masukan dan tanggapan, kasih gambaran sedikit,” ucap Betty.

Lanjutnya, Betty membeberkan, KPU mempersiapkan server khusus untuk Sirekap untuk bisa diakses terbuka kepada publik. Dalam membantu petugas KPPS, KPU memberikan akses mesin fotokopi di TPS untuk mendistribusikan salinan.

“Dasar hukum UU 7/2017 untuk Pemilu 2024 tidak ada perubahan dengan 2019. Penggunaan Situng terinspirasi dari Pilkada, kalau sekarang lebih kompleks karena ada lima surat suara,”ujar Betty.
(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.