Lapas kelas IIB Garut Terapkan E Money dan wartel Guna Menciptakan Suasana Lebih Kondusif Bagi Warga Binaan

oleh -1062 Dilihat
oleh

 

Garut, Realita Indonesia.Com — Kepala Lapas Kelas IIB Garut Rusdedy , menegaskan, komitmen pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM merupakan bentuk pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

“Untuk persiapan kita dalam menuju WBK dan WBBM pada tahun 2024 ini, kita harus bersinergi,”pinta Rusdedy Senin(13/11/2023)

Ditegaskan, jajaran Lapas selalu mendukung penuh upaya pemberantasan korupsi yang didasarkan pada asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan negara, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalisme, profesionalisme dan asas akuntabilitas.
” Zona integritas ini harus didukung sepenuhnya, tetapi tidak saja hanya bentuk pormalitas atau ceremonial saja tetapi harus di dilaksanakan dengan hati,”

Inspektur wilayah II Kememtrian Hukum dan Ham Republik indonesia Lilik Sujadi dalam sambutanya menegaskan,Suasana kerja membentuk budaya kerja yang memcerminkan perpaduan antara semua elemen yang ada.lapas kelas IIB garut saat ini masih mempunyai software yang bagus. Sosok disiplin yang tinggi. Adaktif. Komunikatif. Dan budaya kerja yang bagus. Namun ketika software bagus di dalam nya tidak bagus gk akan bagus juga. Masih ada persengkolan dan masih ada penyuapan tidak akan bagus juga kelihatanya.penyedian teknologi di lapas IIB garut saya sangat dukung dengan adanya Wartel dan E money.

Man Power lebih baik kunci dari semuanya. Layanan Publik itu tidak sekedar administrasi. Tapi kepuasan publik nya yang utama dari pelayanan yang di lakukan ucapnya
Di tempat yang sama diadakan Juga Penandatanganan kerjasama dan nota kesepahaman dengan Pt Bank Rakyat indonesia BRI dan PT Rahman Cipta teknologi.

Lapas kelas IIB Garut telah menggandeng Bank BRI cabang Garut untuk menyediakan kartu Brizzi sebagai alat transaksi dalam lapas. Ini adalah upaya untuk mendukung pelaksanaan PBU dan mengurangi peredaran uang tunai di dalam lapas.
Dalam kerangka PBU, uang tunai tidak diperbolehkan beredar di dalam lapas. Keluarga yang berkunjung diharuskan menggunakan kartu Brizzi untuk melakukan transaksi dengan para penghuni lapas.

Lapas telah memasang mesin Electronic Data Capture (EDC) untuk mendukung transaksi nontunai di dalam lapas. Meskipun sudah ada mesin EDC, perlu ditingkatkan optimalisasi penggunaannya.

BRI Cabang Garut siap untuk mendukung implementasi program Brizzi di Lapas Kelas IIB Garut . Dia mencatat bahwa Brizzi sebagai E-Money dari Bank BRI memiliki persediaan yang cukup. Kerjasama antara lapas dan bank telah berlangsung lama, dan mereka akan terus mendorong optimalisasi program ini.

Dengan adanya uang yang diberikan melalui kartu E-Money, diharapkan tidak akan ada uang tunai yang beredar di dalam lapas. Hal ini dapat membantu mengurangi potensi terjadinya tindakan pencurian atau penyalahgunaan uang.

Kerjasama yang kuat antara Lapas Kelas IIB garut dan Bank BRI, dalam upaya untuk memanfaatkan E-Money dalam pembayaran dan kompensasi bagi warga binaan, diharapkan program Bebas Peredaran Uang (PBU) dapat sukses terimplementasi dengan lebih optimal dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Kerjasama Dengan PT Rahman Cipta Teknologi yaitu kerjasama di bidang teknologi dimana lapas Kelas II B sendiri akan Terus mengembangkan teknologi dengan tujuan mempermudah kunjungan daring seperti dengan adanya aplikasi Si kujang di lapas kelas II B garut ini karena narapida mempunyai hak untuk tetap Berkomunikasi dengan keluarganya melalui jalur yang legal.

Terjadinya peredaran narkoba dan penipuan dalam lapas karena narapidana masih pegang handphone. Dengan srana dan prasarana yang di adakan di lapas kelas II B garut semua terpantau. Rekaman percakapan bisa di update setiap hari. Kerjasama di bidang teknologi akan terus dilakukan pengembangan karena yang di hadapi adalah telnologi disana bisa di lihat lebih cerdas mana petugas atau tahanan, Pungkasnya.

(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.