PDAM Tirta Intan Garut Berhasil Mencapai Laba Sebesar 380 Juta Rupiah

oleh -146 Dilihat
oleh

Garut, Realita Indonesia.Com – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Garut mencatat perkembangan positif dalam posisi keuangannya setelah empat tahun mengalami kerugian.

Direktur PDAM Tirta Intan Garut, Dr. H. Aja Rowikarim MAg, menyampaikan bahwa perusahaan kini berhasil mencapai laba sebesar 380 juta rupiah, setelah sebelumnya mengalami kerugian sebesar 12 miliar rupiah.

Meskipun terjadi penyesuaian tarif, pelanggan tampaknya tetap memahami dan membayar tagihan dengan baik.

“Penyesuaian tarif tidak berdampak negatif pada tingkat pembayaran pelanggan. Bahkan, sekitar 99 persen dari 70 ribu pelanggan PDAM Tirta Intan Garut tetap setia dalam pembayaran tagihan,” ujar Dr. Aja Rowikarim MAg dalam acara Halal Bihalal PDAM Tirta Intan Garut di Pendopo pada Rabu, 8 Mei 2024.

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dan memastikan kelancaran pasokan air kepada pelanggan.”tambahnya.

Menanggapi kendala penagihan yang masih berada pada angka 85 persen, Dr. Aja Rowikarim MAg menegaskan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses penagihan.

Selain fokus pada pelayanan, PDAM Tirta Intan Garut juga menekankan pentingnya kualitas air yang disediakan kepada pelanggan.

Upaya untuk meningkatkan kualitas air dilakukan melalui pengujian berkala oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Garut.

“Saat ini, PDAM Tirta Intan Garut sedang mengembangkan laboratorium sendiri yang diharapkan dapat menjadi pusat pengujian tidak hanya untuk air, tetapi juga untuk makanan,”katanya.

Dalam menghadapi tantangan operasional di masa depan, PDAM Tirta Intan Garut berupaya mencari solusi jangka panjang dengan mengkaji risiko pemenuhan kebutuhan air bersih hingga tahun 2050.

Salah satu solusi yang diusulkan adalah pembebasan lahan untuk pengembangan infrastruktur air bersih.

“Dalam hal kinerja keuangan, PDAM Tirta Intan Garut secara konsisten telah meraih opini “wajar tanpa pengecualian” (WTP) dari akuntan publik selama enam tahun berturut-turut,”ujarnya.

Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjalankan prinsip akuntabilitas dan transparansi.

Diharapkan, dengan kinerja yang semakin baik, PDAM Tirta Intan Garut dapat terus menjadi kontributor utama dalam pemenuhan kebutuhan air bersih dan kesejahteraan masyarakat Garut.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.