Kirab Pemilu 2023 Berlangsung Meriah,Sukses Tanpa Ekses

oleh -2090 Dilihat
oleh

Garut, Realita Indonesia.Com — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Garut Sukses Menyelenggarakan Kirab Pemilu 2023, yang dilaksanakan pada hari Sabtu (14/10/2023).Kirab sendiri dibuka dengan budaya naik Dodombaan.

Dalam kesempatan itu Media Realita Indonesia berkesempatan berbincang dengan Nuni Nurbayani, Komisioner KPU Kabupaten Garut, menjelaskan Kirab Pemilu 2024 akan menjadi wadah untuk melahirkan 18 partai politik yang akan berpartisipasi dalam pesta demokrasi di Kabupaten Garut. Selain itu, akan dilakukan deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

“Kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, satu bulan ke belakang dari mulai koordinasi dengan EO, (event organizer), dengan instansi terkait, khususnya proses kirab ini agar berjalan dengan lancar, dengan Parpol kita juga sudah rakor, jadi nanti kirab itu kita akan dilaksanakan pawai kirab ke beberapa titik di Kabupaten Garut dimulai dari alun-alun (dan) berakhir di alun-alun,” tuturnya.

Pada hari pertama Kirab Pemilu Tahun 2024, akan dilaksanakan serah terima bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Sumedang kepada KPU Kabupaten Garut, yang rencananya akan berlangsung di Alun-Alun Garut.

Rencana rute Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Garut pada Sabtu, 14 Oktober 2023 sebagai berikut: dimulai dari Alun-Alun Garut – Jalan Ahmad Yani – Jalan Pramuka – Jalan Bank – Jalan Veteran – Jalan Ahmad Yani – Jalan Ciledug – Jalan Sukadana – Jalan Papandayan – Maktal – Jalan Pembangunan – Jalan Patriot – Hampor – Jalan Raya Samarang – Jalan Otto Iskandar Dinata – Alun-Alun Tarogong – Jalan Suherman – Jalan Proklamasi – Jalan Mayor Syamsu (Musaddad) – Jalan Cimanuk – Jalan Ahmad Yani – dan berakhir kembali di Alun-Alun Garut.

Nuni juga menambahkan, peserta kirab akan meliputi partai politik, instansi terkait, Panitia Pemilu Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), kepala desa, komunitas vespa, pemilih pemula, dan pemilih perempuan.

“Kemudian kita juga mengundang kepala desa, komunitas vespa dan nanti pemilu pemula dan pemilih perempuan juga kita libatkan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, selama 7 hari rangkaian Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Garut, akan ada berbagai kegiatan sosialisasi terkait Pemilu 2024 kepada berbagai entitas seperti kampung adat, komunitas nelayan, pemilih pemula, hingga pemilih perempuan, yang akan dilaksanakan di beberapa daerah di Kabupaten Garut.

Setelah sejumlah rangkaian acara, Kirab Pemilu 2024 akan diestafetkan ke KPU Kabupaten Bandung oleh KPU Kabupaten Garut, hingga akhirnya berakhir di Kantor KPU Republik Indonesia di Jakarta.

“Saya berharap kirab pemilu sukses, semua stakeholder yang diundang juga ikut terlibat, masyarakat juga merasakan. Jadi tidak hanya kita saja merasakan, tapi masyarakat merasakan kemeriahan pesta demokrasi menuju 14 Februari 2024,” katanya.

Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Garut diselenggarakan akan berlangsung selama 7 hari, dimulai dari tanggal 14 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2023.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.