Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

oleh -83 Dilihat
oleh

GARUT , Realita Indonesia.Com — Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan oleh Kodim 0611/Garut bertempat di Graha Yayasan Rasana Rasyidah, Selasa (14/5/2024).

Wawasan kebangsaan adalah salah satu pengetahuan penting bagi warga negara Indonesia khususnya pelajar. Melalui wawasan ini, para pelajar akan memiliki rasa bela negara dan cinta tanah air. Wawasan kebangsaan adalah bagian dari pemahaman berwarga negara.

Dalam penyuluhan tersebut sebagai pemateri yakni Danramil 1113/Bayongbong Kapten Inf Supriatna.

Di hadapan para pelajar, ia mengatakan, bahwa pentingnya untuk para siswa-siswi mengetahui tentang pentingnya wawasan kebangsaan ini. Minimal, imbuhnya, dengan wawasan kebangsaan mereka akan memiliki rasa bela negara dan cinta tanah air.

“Tujuan wawasan kebangsaan adalah mewujudkan bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing tinggi, dan sejahtera,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, penting di usia seperti pelajar ini menambah pengetahuan tentang bela negara dan wawasan kebangsaan. Yang mana, para pelajar ini memiliki landasan sikap dan perilaku warga negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Semoga penyuluhan ini menjadikan para pelajar mempunyai jiwa bela negara dan wawasan kebangsaan yang melekat ditanamkan dalam hati, sehingga mereka semakin cinta tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara,”ujarnya.

“Mudah-mudahan mereka (para pelajar) yang mengikuti penyuluhan ini menjadi generasi muda masa depan yang memiliki jiwa patriotisme yang tinggi,”pungkasnya.

Penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu bagian dari Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024 Kodim 0611/Garut. Sebagai wujud hadirnya TNI di tengah masyarakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.