Yuk Terapkan Bahasa Arab Pada Anak Mulai Sekarang!

Realita Indonesia – Anak-anak merupakan calon masa depan dalam mengembangkan kemajuan dunia. Generasi emas akan tergantung bagaimana cara mendidik anak.

Dalam dunia pendidikan, seorang anak sudah harus mendapatkan asupan pendidikan sejak lahir, atau bahkan sejak berada di dalam kandungan.

Peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah berpengaruh. Bahasa adalah langkah awal dalam mendidik anak. Agar anak usia dini dapat berbahasa dengan baik maka orang tua harus memberikan bahasa pertama kepada anak.

Namun, bukan hanya bahasa pertama yang harus diajarkan.  Melihat perkembangan zaman di era milenial ini,  mempelajari sebuah bahasa merupakan hal yang tidak asing lagi. Seperti halnya belajar bahasa arab

Banyak instansi pendidikan di Indonesia yang telah menerapkan Bahasa Arab. Hal ini mengindetifikasikan bahwa masyarakat kita sudah mulai sadar akan manfaat dari belajar Bahasa Arab.

Bagi Umat Islam sendiri mempelajari Bahasa Arab merupakan sebuah keharusan,  sebab ajaran-ajaran agama islam diturunkan dengan menggunakan Bahasa Arab.

Baca Juga :   Kemenkes Sebut Vaksin AstraZeneca Beri Perlindungan Lebih Tinggi, Alasannya??

Oleh karena itu betapa pentingnya orang tua memberi pelajaran tentang bahasa, lebih-lebih Bahasa Arab. Seperti yang telah disampaikan bahwa, anak-anak merupakan generasi penerus.

Meski terlihat sulit dalam mengajarkan Bahasa Arab,  hal ini harus tetap diikhtiarkan.  Mengingat manfaat dari Bahasa Arab begitu banyak, khususnya bagi umat Islam.

Lantas bagaimana kita sebagai Orang Tua atau Pendidik mengajarkan Bahasa Arab kepada anak usia dini?

Dalam mengajarkan Bahasa Arab setidaknya Pendidik harus menanamkan kepada anak usia dini tentang manfaat mempelajari Bahasa Arab. Misalnya mempelajari Bahasa Arab merupakan dasar dalam mempelajari Al-qur’an dan lain sebagainya.

Bahasa Arab merupakan Bahasa yang indah. Dengan mempelajari bahasa ini, akan menguatkan dan mempertajam daya pikir, nilai seni dan kesastraan.

Sayyidina Umar Ibnul Khattab berkata “Pelajarilah Bahasa Arab. Sesungguhnya ia dapat menguatkan akal dan menambah kehormatan”.

Kemudian yang harus dilakukan pendidik kepada anak usia dini ketika belajar Bahasa Arab adalah membuat strategi belajar yang menyenangkan.

Baca Juga :   Nekat Seorang Wanita di Ngawi Terjun dari Atas Jembatan Setinggi 20 Meter

Dalam hal ini tentu diperlukan sebuah metode yang mudah dalam pengajarannya. Banyak sekali metode-metode dasar dalam belajar Bahasa Arab.

Para pendidik juga dapat mengajarkan kosa kata dan materi Bahasa Arab sedikit demi sedikit dengan cara bermain atau dengan hal-hal yang disukai oleh anak usia dini.

Seperti, Permainan Fungsi, Permainan Konstruktif, Permainan Reseptif, Permainan Peranan, Permainan Sukses, dan masih banyak permainan-permainan yang lainnya.

Membiasakan anak berbicara Bahasa Arab juga merupakan salah satu cara pendidikan yang Efektif dalam menerapkan Bahasa Arab.

Usia dini itu merupakan masa-masa perkembangan anak, baik dari segi kecerdasan, kecakapan, maupun keterampilan.

Untuk membiasakan anak tidak harus dituntut berbicara Bahasa Arab sepenuhnya. Namun, hendaknya seorang anak usia dini membiasakan dengan menggunakan kosa kata yang telah diperolehnya. Contoh kecilnya seperti membiasakan dalam penyebutan Ayah dan ibu dengan sebutan Abi dan Ummi.

Baca Juga :   Gara-gara Covid-19, Puluhan Vila Dan Hotel Di Buleleng Dijual

Mengapa harus demikian? Belajar itu proses, jadi dalam belajar hendaknya bertahap dengan menikmati tahapan-tahapan tersebut.

Dalam menerapkan metode ini, pendidik hendaknya juga membiasakan menggunakan Bahasa Arab dalam kesehariannya.

Dan yang terakhir untuk mengajarkan Bahasa Arab kepada anak usia dini yaitu dengan menggunakan alat peraga, guna untuk melatih sekaligus membantu anak dalam menguatkan daya ingat mereka tentang kosa kata Bahasa Arab yang telah diketahuinya.

Alat perga merupakan alat bantu dalam proses pendidikan belajar. Misalnya kita ingin mengajarkan kosakata tentang buah-buahan, hendaknya kita membawa buah-buahan atau mainan buah-buahan atau gambar tentang buah-buahan.

Nah. Bagi orang tua dan para pendidik, mari mulai sekarang kita ajarkan Bahasa Arab kepada anak usia dini.

Ada juga video untuk pembelajaran bahasa arab pada anak, yuk simak!

Editor : Realita Indonesia

Sumber : basalmah.com

Bagikan :

Next Post

Mudah Dan Murah, Ini Nih Makanan Penambah Hemoglobin

Rab Sep 23 , 2020
Realita Indonesia – Hemoglobin atau Hb adalah protein dalam sel darah merah yang sangat penting bagi tubuh. Dikutip dari Medical News Today, hemoglobin bertugas menangkap oksigen dan m nyebarkannya ke seluruh tubuh. Tugas hemoglobin lainnya adalah membawa karbondioksida keluar dari sel ke paru-paru, yang dihembuskan ke luar saat bernapas. Tidak […]

Breaking News

error: Content is protected !!