28 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Yuk Kenali Penyakit Musim Hujan Yang Perlu Diwaspadai Oleh Kita, Namanya Hepatitis A

Realita Indonesia – Seperti yang sudah diketahui, banyak sekali manfaat yang didapat ketika musim hujan datang. Pasalnya, air adalah sumber kehidupan yang setiap hari manusia butuhkan. Tak terkecuali bagi mereka yang tinggal di wilayah tandus dan gersang, tentunya musim hujan sangat dinantikan.

Meski begitu, musim hujan juga terkadang memiliki sisi negatif. Hujan lebat disertai angin dan petir tak jarang menjadi malapetaka bagi semua makhluk hidup di muka bumi ini. Salah satu hal yang paling menakutkan saat musim hujan adalah datangnya sambaran petir.

Tak hanya sambaran petir yang setiap saat bisa membahayakan nyawa seseorang, musim hujan juga bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Terutama bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, maka dengan mudah terserang beragam penyakit. Salah satu jenis penyakit musim hujan yang kerap dialami oleh banyak orang adalah hepatitis A.

Baca Juga :   Infrastruktur Gudang Modern Di Palembang Akan Ditambah BGR logistic Yang Sudah Siap Ekspansi

Penyakit ini biasanya menyebabkan penderita mengalami demam, mual, diare, sakit kuning, dan gatal-gatal. Kondisi ini jika tidak segera diatasi, bisa menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.

Lantas, apa saja penyebab hepatitis A dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Healthline berikut:

Salah satu jenis penyakit musim hujan yang paling umum terjadi adalah hepatitis A. Jenis penyakit hati ini disebabkan karena terjadi peradangan di hati. Hepatitis A bisa terjadi karena terinfeksi virus hepatits A. Biasanya, virus menyebar melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dengan tinja penderita hepatitis A.

Seseorang yang mengalami penyakit hepatitis A akan ditandai dengan beberapa gejala, seperti diare, muntah, kehilangan nafsu makan dan warna urine berwarna gelap. Hepatitis A juga dapat mempengaruhi seluruh metabolisme tubuh, sehingga penyakit hati jenis ini harus segara diobati.

Baca Juga :   Sebelum Lebaran, Sandiaga Uno Targetkan Pembukaan 6 Ribu Lapangan Kerja

Editor : Realita Indonesia

Sumber : merdeka.com

Bagikan :
error: Content is protected !!