12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Yuk Buat Roti Susu Jepang Yang Lembut Dan Wangi

Realita Indonesia – Japanese Milk Bun atau Roti Susu Jepang sekilas mirip roti sobek, namun lebih lembut dan teksturnya super lembut. Roti ini dapat divariasikan berbagai macam isian.

Salah satunya isian yang bisa Anda pilih adalah custard cream, seperti yang dilakukan oleh Chef Devina Hermawan. Makanan ini pun cocok dijadikan menu alternatif saat sarapan, bekal anak, maupun sekadar camilan.

Dikutip dari channel YouTube Devina Hermawan, Anda bisa menyaksikan cara membuatnya dan mengaplikasikannya di rumha. Berikut resep membuat Roti Susu Jepang.

Bahan-bahan:
350 gr tepung protein tinggi
35 gr gula pasir
5 gr ragi
15 gr susu bubuk
170 gr air
50 gr susu cair
24 gr susu kental manis
40 gr mentega
4 gr garam
Pewarna makanan (opsional)Bahan custard cream:
500 ml susu cair
40 gr gula pasir
4 butir kuning telur
30 gr maizena
1 sdt garam
1 sdt ekstrak vanila
50 gr mentegaCara membuat:
Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi, aduk menggunakan sumpit. Masukkan susu cair dan air. Aduk dengan mixer kecepatan sedang hingga setengah kalis. Tambahkan mentega, susu kental manis, dan garam, aduk hingga adonan benar-benar kalis.

Bisa juga ditaruh di dalam oven hangat dengan suhu 35°C dan ditaruh air panas di bagian bawah oven agar cepat mengembang. Kempeskan adonan, lalu timbang menjadi 16 masing-masing 40 gram. Diamkan lagi adonan selama 15 menit ditutupi dengan lap bersih.

Baca Juga :   Meterai Rp 10 Ribu Mulai Berlaku, Blangko Rp 3.000 Sama Rp 6.000 Bakal Ilang Atau Gimana?

Bulatkan adonan, lalu susun di atas loyang yang sudah dialasi dengan baking paper diamkan 30 menit. Bisa juga ditaruh didalam oven hangat dengan suhu 35°C dan ditaruh air panas di bagian bawah oven agar lebih cepat mengembang.

Beri taburan tepung di atas adonan sambil diayak. Panggang dengan suhu 150°C selama 25-30 menit. Keluarkan roti dari loyang dan dinginkan di atas cooling rack. Untuk custard cream, didihkan susu, masukkan kuning telur, maizena, gula, garam, dan ekstrak vanila kemudian aduk rata.

Tambahkan susu yang sudah mendidih sedikit demi sedikit lalu tuang lagi ke panci sambil disaring, aduk terus hingga mengental. Setelah mengental tambahkan mentega, aduk rata lalu pindahkan ke mangkuk dan tutup dengan plastic wrap di permukaannya.

Baca Juga :   Sudah Resmi Dijual Di Indonesia, OPPO Reno5G!

Setelah dingin, masukkan custard cream ke dalam baking paper yang dibentuk kerucut. Semprotkan custard cream ke dalam roti yang sudah dilubangi dengan sumpit. Roti susu Jepang siap dihidangkan.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!