17 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Wasir Dan Lambung Kronis, Hilang Dengan Lidah Buaya!

Realita Indonesia – Lidah buaya adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang dikenal untuk menyuburkan rambut, menyembuhkan luka dan perawatan kulit.Tanaman ini memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen-komponen lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang ini, aloe vera dikembangkan sebagai bahan baku dalam industry farmasi dan kosmetik serta sebagai makanan dan minuman kesehatan.Banyak kandungan di dalam aloe vera ini yang memiliki manfaat bagus untuk tubuh.

Salah satunya yaitu aloe emodin, senyawa dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin.Tanaman ini juga mengandung semua vitamin kecuali vitamin D.Beberapa kandungan ilmiah yang terdapat di aloe vera ini yaitu kadar air, karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A, vitamin C, Thiamin, Riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, fosfor dll.

Adapun khasiat dari lidah buaya, apa saja?

1.Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lidah buaya pertama yaitu dapat mencegah penuaan dini. Lidah buaya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk melawan munculnya kerutan dan tanda penuaan pada kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buata, oleskan gel dari lidah buaya ke permukaan kulit secara rutin selama 90 hari. Bila dilakukan secara teratur, kamu bisa mendapatkan hasil berupa kulit yang halus dan kenyal.

Selain itu, lidah buaya juga dapat berperan sebagai toner. Lidah buaya dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengurangi keriput. Lidah buaya juga dapat menenangkan kulit yang pada akhirnya dapat membuat kulit menjadi terasa lebih lembut dan lentur.

Baca Juga :   Saat Makan,Umat Islam Harus Mematuhi Adab Makan, Apa Saja?

Keriput pada mata pun bisa diatasi dengan lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya di daerah bawah mata ketika akan tidur di malam hari. Kandungan vitamin A, C, dan E pada gel lidah buaya tersebut dapat mengobati dan membantu memelihara kulit serta meningkatkan tekstur pada kulit.

Gunakan gel lidah buaya ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Namun, harus diperhatikan juga agar gel tersebut tidak mengenai mata kita karena efeknya akan membahayakan mata.

2.Sebagai Obat Pencahar

Manfaat lidah buaya berikutnya adalah menghilangkan sembelit. Untuk mendapatkan manfaat lidah buata, kamu bisa mengonsumsi zat lilin berwarna kuning yang menempel pada bagian permukaan bawah daun lidah buaya. Karena pada bagian tersebut mengandung senyawa aloin atau barbaloin yang mana merupakan zat pencahar yang ampuh.

3.Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat lidah buaya selanjutnya dapat digunakan sebagai perawatan rambut dan kulit kepala. Lidah buaya mengandung mineral, vitamin, asam amino dan phytonutrient yang mana kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan kulit dan rambut.

Gel lidah buaya yang mengandung mineral dan vitamin itulah yang mampu menghidrasi kulit kepala dan mengurangi peradangan ketombe. Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai conditioner, yang nantinya dapat memberikan  halus pada rambut.

4.Mencegah Penyakit Gigi

Manfaat lidah buaya dapat mencegah penyakit gigi dan menjaga kesehatan gigi. Penyakit gigi banyak disebabkan oleh plak gigi atau biofilm bakteri yang ada di sekitar gusi.

Baca Juga :   Jawa Timur mencatat tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 430.

Penelitian menunjukkan bahwa membilas mulut menggunakan lidah buaya yang diolah menjadi jus, 100 persen memiliki efek yang sama dengan efek yang diberikan oleh chiorthexidine, atau obat kumur standar emas. Hal ini karena kandungan antibakteri yang dimiliki lidah buaya dapat menghancurkan kuman dan melindungi gigi.

5.Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat lidah buaya lainnya dapat menyembuhkan luka bakar. Getah dari lidah buaya dapat dengan cepat membantu kulit yang mengalami iritasi. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan juga khasiatnya sebagai penyembuh luka. Manfaat tersebut dapat kita peroleh dengan cara mengoleskan lidah buaya dalam bentuk gel.

Penelitian juga menunjukkan bila kita mengoleskan gel lidah buaya secara rutin di daerah luka bakar, dapat memberikan efek mengurangi waktu penyembuhan hingga 9 hari dari pada menggunakan salep bakar pada umumnya.

6.Antioksidan Tinggi

Manfaat lidah buaya didapat karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain kandungan vitamin dan mineral, lidah buaya juga memiliki kandungan senyawa yang berguna sebagai obat.

Salah satu senyawa yang terdapat pada lidah buaya adalah polifenol. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri yang berbahaya penyebab penyakit.

7.Obat Diabetes

Manfaat lidah buaya lainnya dapat dijadikan sebagai obat bagi penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur, kamu bisa mendapatkan vitamin yang terkandung di dalam lidah buaya sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah kita. Namun, perlu diingat juga agar tidak mengonsumsi lidah buaya terlalu banyak. Beberapa penelitian telah menemukan jika konsumsi lidah buaya yang terlalu banyak dapat merusak hati.

Baca Juga :   Saat Meminjam Barang Kepada Seseorang itu Ada Adabnya Di Dalam islam, Apa Saja ?

8.Sebagai Bahan Hand Sanitizer

Manfaat lidah buaya yang terakhir sebagai bahan untuk membuat hand sanitizer.Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dengan setengah cangkir alkohol dan beberapa tetes minyak esensial. Campuran tersebut nantinya dapat membersihkan tangan, melembutkan kulit, dan juga mengharumkan kulit.

9. Untuk menyembuhkan lambung kronis dan wasir

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat sifat anti inflamasi. Dengan rasa gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien tersebut.Dan Mengonsumsi lidah buaya disebut efektif meredakan peradangan lambung yang menyebabkan asam lambung naik.

Resep dan cara pembuatan lidah buaya untuk wasir dan lambung kronis :

Bahan :

  • 2 batang lidah buaya
  • madu
  • gula jawa

Cara membuat :

  1. cuci terlebih dahulu lidah buaya yang akan digunakan
  2. setelah itu,buang bagian durinya, lalu rendam didalam air hangat sekitar 4-5 jam
  3. kemudian lidah buaya dipotong kecil-kecil dan dimasukkan kedalam panci berisi air sekitar 600ml, dengan irisan gula merah secukupnya
  4. lalu didihkan, setelah mendidih dan sudah terkombinasi seluruhnya, dinginkan
  5. saring air rebusan tadi dan masukkan kedalam gelas dan teraqkhir tuangkan madu
  6. air lidah buaya, siap dikonsumsi!

Agar lebih jelas, mari simak video dibawah!

[KGVID]https://realitaindonesia.com/wp-content/uploads/2020/08/Cara-membuat-minuman-Lidah-buaya-untuk-wasir-dan-mag-kronis-resep-jsr-dr-Zaidul-Akbar.mp4[/KGVID]

Editor : Realita Indonesia

Sumber : merdeka.com

Bagikan :
error: Content is protected !!