17 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Wakil Menteri BUMN mengatakan Indonesia sudah memetakan pola kerjasama yang akan ditawarkan kepada Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden dan Wapres Kamala Harris.

Realita Indonesia – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan Indonesia sudah memetakan pola kerjasama yang akan ditawarkan kepada Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden dan Wapres Kamala Harris. Penantang petahana ini berasal dari Partai Demokrat.

“Indonesia sudah punya masing-masing pola berbeda dalam hubungan luar negerinya,” kata Budi di Jakarta, Selasa (24/11).

Budi menilai kepemimpinan Partai Demokrat lebih condong bersifat kerakyatan. Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Partai Demokrat akan mempermudah kerjasama yang memiliki fokus kepada kepentingan masyarakat umum. Banyak yang alternatif dan inisiatif yang bisa dikonsolidasikan sepanjang sesuai dengan agenda napas Partai Demokrat.

Dia mencontohkan, dari sisi perbankan, suasana politik ini cocok dengan Bank BRI sebagai bank pemerintah. Sehingga banyak kegiatan yang bisa dilakukan kerjasama antara Bank BRI dan pemerintah Amerika Serikat.

Baca Juga :   Pemprov Taat Aturan tentang Protokol Kesehatan, Tegas Wagub DKI

“Kerjasama bank, di sektor kesehatan. Asalkan fokus rakyat, besar (peluang) terbuka. Banyak alternatif lain, inisiatif lain. Asalkan nature pemerintah demokrat sifatnya lebih kerakyatan,” kata dia.

Sehingga program-program yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia selama merakyat di berbagai bidang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Joe Biden.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan selamat terhadap kemenangan Joe Biden, dalam kontestasi pemilihan presiden Amerika Serikat 2020. Jokowi mengatakan menantikan kerja sama dengan Biden.

“Ucapan selamat terhangat untuk Pak Joe Biden, dan Ibu Kamala Harris untuk Pilpres bersejarahnya. Harapannya hal itu menjadi sebuah refleksi dan harapan untuk demokrasi,” cuit Jokowi di akun Twitter pribadinya, Senin (9/11).

Baca Juga :   Setelah Kejadian Salah Transfer Rp 7 T, Citibank Tak Bisa Tarik Dana

Selain itu, Jokowi menyampaikan keinginannya untuk terus bekerjasama lebih baik lagi bersama Amerika Serikat. Tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga memajukan demokrasi dan keberagaman untuk kesejahteraan rakyat Indonesia dan Amerika Serikat.

“Menanti kerjasama yang lebih erat lagi dengan Amerika Serikat dalam penguatan hubungan Indonesia dan Amerika Serikat, ekonomi, demokrasi, di sektor multilateral untuk kesejahteraan rakyat kedua negara,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga mengunggah dirinya saat bersama Biden di kesempatan yang lalu. Keduanya saling menjabat tangan dengan memperlihatkan senyum lebar.

Sumber : Merdeka.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!