16 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Wah! September-Desember 2020, Akan Cair Subsidi Kuota Internet Rp.7,2 Triliun

nadiem makarim

Realita Indonesia – akan memberikan bantuan Rp7,2 triliun kepada siswa, guru, mahaiswa, dan dosen, untuk subsidi kuota internet selama empat bulan. Subsidi ini akan diberikan dari September hingga Desember 2020.

Perinciannya, siswa akan mendapat 35 GB per bulan dan guru akan mendapat 42 GB per bulan. Selain itu, perguruan tinggi juga mendapatkan bantuan dengan rincian mahasiswa dan dosen 50 GB per bulan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim berharap kebijakan ini bisa menjadi jawaban atas kecemasan masyarakat di tengah kesulitan ekonomi akibat terdampak pandemi. “Ini yang sedang kami akselerasi secepat mungkin agar bisa cair,” kata Nadiem

Selain itu, Kemendikbud mengalokasikan dana sebesar Rp1,7 triliun untuk para penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, dosen, serta guru besar. Harapannya, kebijakan ini dapat membantu perekonomian para penerima tunjangan di masa krisis seperti saat ini.

Baca Juga :   Budi Gunadi Berupaya Agar Insentif Nakes Enggak Minus Berkurang, Ya Harus Banget!

“Terima kasih kepada Ibu Kemenkeu yang telah mengamankan dana tersebut dari dana cadangan,” kata Nadiem.

Ia menambahkan, sumber anggaran berasal dari optimalisasi anggaran Kemendikbud serta dukungan anggaran Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020 dengan total anggaran sebesar Rp8,9 triliun. Untuk subsidi kuota guru akan dibiayai melalui realokasi anggaran Program Organisasi Penggerak (POP) yang diundur pelaksanaannya ke tahun 2021.

Bantuan lainnya yaitu BOS Afirmasi dan BOS Kinerja untuk 56.115 sekolah swasta dan negeri yang paling membutuhkan diperkirakan sampai di rekening sekolah di akhir Agustus 2020. “Rp3,2 triliun dialokasikan untuk dana BOS Afirmasi dan Kinerja yang akan disalurkan ke 31.416 desa/kelurahan yang berada di daerah khusus,” terangnya.

Baca Juga :   Mendag Lutfi : Impor Itu Tidak Akan Menghancurkan Harga Beras Petani

Editor : Realita Indonesia
Sumber : edukasi.sindonews.com

Bagikan :
error: Content is protected !!