12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Wah! Pemandangan Edelweiss Hanya Dimiliki 7 Gunung ini, Tapi Tidak Untuk Dipetik

bunga edelwiss di gunung semeru ( foto Dok. pinterest )

Realita Indonesia – Bunga Edelweiss menjadi salah satu pemandangan yang akan terlihat ketika mendaki beberapa gunung di Indonesia.

Bunga yang disebut bunga abadi itu diketahui memang hanya bisa tumbuh di pegunungan berketinggian di atas 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Edelweiss makin indah dan memesona saat mekar. Para pendaki bisa melihat keindahan mekarnya bunga Edelweiss jika mendaki pada Bulan April hingga Agustus. Warna bunga yang putih kuning cerah begitu sedap dipandang mata atau diabadikan melalui kamera atau gawaimu.

Namun, perlu diingat kalau bunga edelweiss tidak boleh dipetik. Itu karena Edelweiss merupakan tumbuhan endemik yang hanya tumbuh di dataran tinggi pergunungan. Wilayah tumbuhnya pun sebagian besar ada di kawasan konservasi yang keberadaannya jelas dilindungi.

Terdapat aturan yang melindungi keberadaan Edelweis yaitu Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya.

tujuh gunung di Indonesia yang suguhkan pemandangan bunga Edelweis, tetapi tidak untuk memetiknya:

1. Gunung Lawu

Kamu bisa melihat pemandangan indah Bunga Edelweiss jika mendaki gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.Keindahan bunga Edelweiss di jalur pendakian gunung ini terlihat dari warna ungunya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi : Teken Peraturan Presiden Tentang Proyek Putar Kunci

Namun, Edelweiss berwarna ungu ini sulit ditemukan karena letaknya di tepi jurang.

Tak usah khawatir, kamu masih bisa melihat dengan mudah Edelweiss dengan warna standar, seperti putih dan cokelat di sepanjang jalur menjelang puncak Hargo Dumilah.

Jika kamu mendaki melalui jalur Candi Cetho, bunga Edelweiss dapat langsung dilihat di sabana pertama sebelum Pos Bulak Peperangan sampai Pasar Dieng.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani tak hanya menawarkan panorama keindahan Danau Segara Anaknya. Bagi pendaki, kamu juga bisa melihat hamparan bunga Edelweiss putih.

Pemandangan indah bunga abadi itu dapat dilihat ketika kamu berada di Plawangan Sembalun. Bunga-bunga berwarna putih itu nampak bersembunyi di tebing bebatuan, bukit hingga, tepian danau.

Gunung ini juga sudah dibuka untuk aktivitas pendakian 2 hari 1 malam. Oleh karena itu, siapkan kamera untuk mengabadikan bunga Edelweiss putih nan indah di Plawangan Sembalun.

3. Gunung Gede Pangrango

Tak jauh dari Jakarta, kamu bisa melihat pemandangan hamparan Edelweiss dengan mendaki gunung Gede Pangrango. Hamparan tanaman edelweis di Lembah Mandalawangi Gunung Pangrango, Jawa Barat, Minggu (6/12/2015).

Gunung ini terletak di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Baik gunung Gede maupun gunung Pangrango memiliki pemandangan dan lokasi Edelweiss yang berbeda. Jika kamu ada di Gunung Gede dan ingin melihat Edelweiss, bisa singgah di Alun-alun Surya Kencana, tepatnya di selatan puncak.

Baca Juga :   Keren! Yamaha luncurkan NMAX Edisi Star Wars, Tampilannya Elegan Banget

Sementara itu di Gunung Pangrango, bunga-bunga ini dapat dilihat saat pendaki sampai di Lembah Mandalawangi.

4. Gunung Sindoro

Padang Edelweiss berikutnya yang bisa dilihat yaitu di Gunung Sindoro, Jawa Tengah. Gunung berketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki hamparan Edelweiss yang tak boleh dilewatkan.

Kamu bisa melihatnya di sepanjang jalur via Kledung dan sisi timur menjelang puncak. Namun jika kamu mendaki melalui basecamp Bansari, Temanggung, hamparan Edelweiss akan terlihat di pos camp ground terakhir sebelum puncak.

Satu yang tak terlupakan ketika mendaki Gunung Sindoro adalah pengalaman bangun pagi dan langsung melihat hamparan bunga Edelweiss di luar tenda.

5. Gunung Semeru

Gunung berketinggian 3.676 mdpl ini tak hanya dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini juga dikenal karena memiliki hamparan Edelweiss indah yang memikat pendaki.

Spot hamparan Edelweiss bisa kamu lihat di antara Pos Jambangan sampai Kalimati. Para pendaki akan dimanjakan dengan indahnya bunga Edelweiss berlatarkan puncak Mahameru.

Kamu juga bisa menikmati bunga Edelweiss saat berkunjung ke Desa Wisata Edelweiss Hulun Hyang, tepatnya Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga :   Jangan Disepelekan, Ini 6 Gejala Tumor Otak Yang Kerap Tidak Disadari Oleh Kita

Saat Buka Kembali Jumat Besok Tempat yang ada di sisi utara Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tersebut dikelola Kelompok Tani Desa Edelweiss yang berfokus pada budidaya keindahan Bunga Edelweiss.

Pengunjung juga bisa membeli suvenir cantik dari bunga Edelweiss secara legal di sana.

6. Gunung Papandayan

Gunung berikutnya yang memiliki hamparan Edelweiss adalah Gunung Papandayan. Saking indahnya, gunung ini bahkan dijuluki Swiss van Java. Bunga Edelweiss di Gunung Papandayan, Jawa Barat.

Kamu bisa melihat hamparan Edelweiss tepatnya di Tegal Alun, jalur pendakian Gunung Papandayan.

Namun, kamu tidak bisa mendirikan tenda di kawasan ini. Oleh karena itu, sebaiknya berangkat mendaki sebelum matahari terbit untuk dapat melihat pesona Edelweiss nan indah di Tegal Alun.

7. Gunung Merbabu

Meski jalur pendakian belum dibuka kembali hingga kini, keindahan hamparan Edelweiss tetap ada di Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Bunga edelweiss di Merbabu
Biasanya, pendaki akan menemukan bunga tersebut di sepanjang jalur pendakian menuju puncak Triangulasi, tepatnya dari Sabana Satu.

Gunung berketinggian 3.142 mdpl ini bisa dicapai puncaknya melalui jalur selatan yaitu jalur Selo atau Gancik.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : kompas.com

Bagikan :
error: Content is protected !!