14 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Wah! Lengkuas Ternyata Bukan Hanya Untuk Menyembuhkan Asma Saja, Tetapi Bisa Untuk Menghilangkan Panu!

Realita Indonesia – Lengkuas adalah salah satu bumbu yang selalu ada di dapur, selain bawang putih, bawang merah, kunyit, cabai, dan lain sebagainya. Lengkuas sering disebut juga dengan nama Laos, terutama di daerah Jawa. Sementara masyarakat Karo menyebut lengkuas ini dengan nama kelawas.Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan. Tentu bukan hal asing, jika lengkuas selama ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Memang rempah yang satu ini dapat memberikan citarasa yang lebih nikmat pada setiap masakan.

Selain untuk bumbu masakan, lengkuas juga ada khasiat untuk kesehatan lho, apa saja?

1.Meningkatkan Kesuburan Pria

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan Iranian Journal of Reproductive Medicine tahun 2014, diungkapkan bahwa akar lengkuas mampu memberikan peningkatan kemampuan bergerak dan jumlah sperma, serta dikatakan mampu meningkatkan kesehatan sperma.

Setelah mengkonsumsi lengkuas, sperma dipercaya akan meningkat 3 kali lipat. Jadi bagi Anda yang ingin segera mendapatkan momongan, tidak salah untuk mencoba mengkonsumsi lengkuas.

Baca Juga :   Kisah Pa Kasum Bisa Membeli Sapi Dari Hasil Kuli Pikul

2.Menyembuhkan Asma

Manfaat lengkuas untuk kesehatan selanjutnya yakni mengobati penyakit asma. Lengkuas dinilai mampu melebarkan bronkiolus, sehingga efektif untuk mengurangi asma. Hal ini semakin jelas mengingat lengkuas memiliki sifat antiinflamasi.

3.Mencegah Kanker dan Tumor

Manfaat lengkuas selanjutnya adalah mencegah kanker dan tumor. Kanker dan tumor merupakan jenis penyakit yang sangat membahayakan. Namun ternyata lengkuas juga berkasiat mencegah penyakit ini.

Lengkuas memilki kandungan zat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga mampu menurunkan kerusakan DNA akibat radikal bebas. Bahkan peneliti Inggris menemukan bahwa lengkuas memiliki sifat melawan kanker. Ujicoba yang terbukti ampuh adalah menangani penyakit kanker payudara dan paru-paru.

4.Menurunkan Kolesterol

Manfaat lengkuas lainnya adalah menurunkan kolesterol. Penelitian di China menyebutkan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol dan quercetin.

Baca Juga :   Selain Digunakan Untuk Masakan, Kemiri Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Penelitian lainnya yang dilakukan di Korea, juga membuktikan bahwa ekstrak lengkuas ini efektif untuk mengurangi kolesterol dan Trigliserida. Jadi, tak ada salahnya dicoba untuk pengobatan.

5.Menurunkan demam

Manfaat lengkuas untuk kesehatan juga bisa untuk menurunkan demam. Lengkuas yang dikombinasikan dengan nila embu tenyata juga efektif sebagai obat alami untuk menurunkan demam.

Cara pengobatanya pun sederhana, yaitu Anda perlu mengambil 5 – 6 lembar daun Nila-Embu, kemudian campur dengan ½ lengkuas yang lebih besar.

Semua bahan tersebut kemudian panaskan dengan secangkir air hingga mendidih. Agar hasil lebih efektif, minumlah rebusan secara rutin 2-3 hari sekali.

6.Menyembuhkan Batuk

Manfaat lengkuas untuk kesehatan yang terakhir yaitu efektif untuk menyembuhkan batuk. batuk seringkali menggagu aktifitas, terlebih jika tak segera sembuh. Nah, mengkonsumsi air sadapan lengkuas ini ternyata sangat mujarab untuk menyembuhkan batuk.

Cara mengolahnya cukup sederhana, yaitu pertama siapkan botol minuman dan kemudian potong lengkuas kecil-kecil. Setelah itu, masukkan lengkuas yang telah dipotong ke dalam mulut botol.

Baca Juga :   Provinsi Jawa Tengah bakal menerima 21.252.000 dosis vaksin Covid-19 secara bertahap.

Sebelum dikonsumsi, diamkan lengkuas tersebut semalaman dan konsumsi selama 3 kali berturut-turut hingga batuknya reda. Demikianlah manfaat lengkuas untuk kesehatan.

7. untuk menghilangkan panu

Lengkuas dipercaya dapat menghilangkan panu dalam sekejap. Karena lengkuas mengandung senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid. Ketiga senyawa tersebut dapat mengatasi bakteri serta jamur dengan cepat.

Nah, ada juga cara penggunaan obat herbal lengkuas untuk panu

Bahan :

  • lengkuas 1 biji

Cara Penggunaan :

  1. ambil lengkuas, lalu cuci sampai bersih
  2. kemudian iris sedang lengkuas tersebut
  3. lalu gosokkan irisan lengkuas tadi pada panu di kulit anda
  4. tunggu 2 menit, setelah 2 menit cuci bersih
  5. rutin menggunakan, lebih cepat hasilnya!

Agar lebih jelas, yuk simak video dibawah!

[KGVID]https://realitaindonesia.com/wp-content/uploads/2020/08/Terbukti-Lengkuas-Ampuh-Menghilangkan-Panu-dengan-Cepat-dan-Alami.mp4[/KGVID]

Editor : Realita Indonesia

Sumber : HarapanRakyat.com

 
Bagikan :
error: Content is protected !!