12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

UU Ciptaker Mudahkan Pekerja Asing Masuk, Bagaimana Dengan Tenaga Kerja Lokal?

Realita Indonesia – Sejumlah elemen buruh menolak mekanisme perjanjian kerja yang tercantum di Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker). Pasalnya, pekerja asing akan lebih dimudahkan untuk bekerja di Indonesia.

Namun, ekonom Core Piter Abdullah mengatakan, pekerja lokal tidak perlu khawatir. Masuknya tenaga kerja asingbakal meningkatkan investasi.

“UU Cipta Kerja memang membuka peluang masuknya tenaga kerja asing, tetapi manfaat terbukanya lapangan kerja untuk pekerja lokal diyakini akan lebih besar,” ujar Piter.

Dia melanjutkan UU Cipta Kerja niatnya adalah meningkatkan kesejahteraan pekerja, yaitu dengan meningkatkan investasi.

“Ini sekaligus membuka lapangan kerja yang sangat dibutuhkan oleh pekerja lokal,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator idang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, UU Cipta Kerja telah melalui proses kajian yang diperlukan untuk penciptaan lapangan kerja. Evaluasi UU ini pun telah dilakukan berdasarkan kajian yang diidentifikasi tersebut.

Baca Juga :   Sekolah Tatap Muka Harus Utamakan Keselamatan Siswa, Ujar Satgas Covid19.

dan kemudahan bagi UMKM dan koperasi, serta bisa menciptakan lapangan kerja, juga meningkatkan perlindungan kepada pekerja dan buruh.

“Oleh karena itu pemerintah melakukan pengkajian dan penyusunan terhadap kebutuhan melakukan reorientasi melalui omnibus Law, yaitu mekanisme yang digunakan untuk mengganti dan mencabut ketentuan undang-undang atau mengatur ulang beberapa ketentuan dalam undang-undang dalam satu tematik,” tandasnya.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!