12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Untuk Pengadaan Vaksin, Pihak Pemerintah Sudah Siapkan Rp 35,1 Triliun

Realita Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, telah mencadangkan anggaran sebesar Rp 35,1 triliun untuk pengadaan vaksin Covid-19 pada tahun 2020. Termasuk pembiayaan 1,2 juta vaksin Sinovac yang baru tiba Minggu malam (6/12).

“Untuk tahun 2020 ini kita mencanangkan Rp 35,1 triliun untuk program vaksinasi dan pengadaan vaksin yang ini kita cadangkan termasuk dalam pengadaan vaksin (Sinovac) yang tadi malam tiba,” ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Kedatangan Vaksin Covid-19, Senin (7/12/2020).

Bendahara negara ini mengatakan, untuk vaksinasi sendiri baru dilakukan secara bertahap dengan ketentuan yang telah diatur oleh Kementerian Kesehatan. Seperti wilayahnya, jadwalnya dan sasaran kelompok penerimanya.

“Karena itu, selain tadi adalah anggaran untuk 2020 yang sudah dicadangkan, tahun 2021 juga telah dianggarkan untuk vaksinasi. Adapun total anggaran untuk sekto kesehatan mencapai dikesehatan mencapai Rp 169,7 triliun dengan anggaran vaksinasinya Rp 60,5 triliun,” imbuh dia.

Baca Juga :   Aplikasi Palapa Siap Menantang Whats App, Untuk Songsong Sumpah Pemuda

Rinciannya, untuk antisipasi pengadaan vaksin Covid-19 sebanyak Rp 18 triliun, untuk program vaksinasi nya sebesar Rp 3,7 triliun. Lalu, anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk pembelian pra sarana dan sarana laboratorium dan juga untuk lembaga penelitian dan pengembangan serta PCR.

“Dimana Kementerian Kesehatan akan melakukan pengadaan sebesar Rp 1,2 triliun. Sedangkan untuk Badan POM mendapatkan Rp100 miliar,” terangnya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : Liputan6.com

Bagikan :
error: Content is protected !!