Tolong Kami Pak Jokowi…! Pengangguran Sudah Meroket Di Indonesia

Realita Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, jumlah pengangguran di Indonesia akan bertambah pesat akibat Covid-19. Ada tambahan sekitar 2,6 juta orang yang menganggur.

Menurutnya, dari periode Agustus 2019 ke Agustus 2020, pengangguran yang berjumlah 7,1 juta orang akan meningkat menjadi 9,77 orang. Dengan demikian maka tingkat pengangguran juga naik yakni dari 5,23% menjadi 7,07%.

“Kalau kita lihat tambahan pengangguran akibat adanya Covid adalah 2,6 juta orang,” ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin (23/11/2020).

Dengan tambahan ini, maka total pengangguran di Indonesia menjadi 2,56 juta orang dari total angkatan kerja sebanyak 29,12 juta orang.

Dari jumlah angkatan kerja tersebut terlihat juga, 700 ribu orang bukan angkatan kerja dan 1,77 juta orang sementara tidak bekerja serta 24 juta orang bekerja namun dengan jam kerja yang lebih rendah.

Baca Juga :   Mulai Pekan Depan, Pemerintah Akan Bernegosiasi Investasi Dengan Tesla

“Jadi tentu ini akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan mereka,” kata dia.

Lanjutnya, ini juga menjadi fokus pemerintah agar bisa menciptakan lapangan kerja baru yang saat ini banyak hilang. Salah satunya dengan memberikan bantuan berupa insentif bagi badan usaha agar tidak melakukan PHK besar-besaran yang tentunya akan menambah banyak pengangguran.

“Ini tantangan yang harus tetap kita selesaikan akibat Covid dan Covidnya nya belum hilang. Jadi kita juga perlu untuk terus waspada agar Covid tetap bisa terkendali kan,” tegasnya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : cnbcindonesia.com

Bagikan :
error: Content is protected !!