Ternyata Penting Bagi Kesehatan Otak, Ini 9 Manfaat Merica Bagi Tubuh

Realita Indonesia – Manfaat merica rupanya cukup banyak, namun hal tersebut tak banyak disadari oleh banyak orang. Beberapa di antaranya justru menganggap bahwa si kecil imut tersebut tak banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan mengonsumsinya, maka Anda bisa mendapatkan manfaat merica yang jarang diketahui. Dari mulai kesehatan kulit hingga otak dapat Anda peroleh dari mengonsumsi merica.

Merica sendiri atau yang banyak dikenal dengan nama lain lada putih merupakan salah satu jenis bumbu penyedap makanan yang populer. Bukan hanya di Indonesia yang merupakan gudang rempah-rempah, namun juga di seluruh penjuru dunia.

Oleh sebab itu, tanaman merica menjadi salah satu komoditas unggulan yang cukup besar di dunia. Bahkan, Indonesia pun diketahui juga sebagai pengekspor merica ke seluruh dunia.

Berikut manfaat merica yang dikutip dari berbagai sumber.

1.Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Dilansir dari Liputan6, manfaat merica yang dapat diperoleh yakni salah satunya adalah menurunkan risiko seseorang untuk terkena penyakit membahayakan, parkinson. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Desember 2012, merica yang memiliki sejumlah bahan aktif seperti piperine diketahui dapat membantu menghentikan enzim yang mampu menghancurkan dopamin.

Baca Juga :   Jusuf Kalla mengecam keras dugaan aksi teror yang menyebabkan empat orang dalam satu keluarga meninggal.

Pada penderita Parkinson, zat ini terkandung dalam tubuh dengan jumlah yang cukup sedikit.

Manfaat Merica untuk Melawan Depresi

Saat seseorang tengah merasa sedih, hormon serotonin yang ada di dalam tubuh menurun secara drastis. Padahal, hormone serotonin tersebut dibutuhkan tubuh untuk memberikan stimulasi perasaan senang dan bahagia.

Dalam sebuah penelitian, diketahui zat aktif di dalam merica yang berupa piperine dapat membantu otak untuk memproduksi hormon serotonin. Dengan begitu, saat Anda merasa sedih, tak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung merica secukupnya. Secara otomatis, perasaan senang dan gembira senantiasa akan kembali sehingga Anda dapat melakukan berbagai aktivitas secara maksimal

2.Turunkan Risiko Alzheimer

Manfaat merica untuk kesehatan otak tak lain untuk menurunkan risiko seseorang untuk terserang penyakit Alzheimer. Bukan suatu hal yang mustahil, Alzheimer dapat menyerang siapa saja, seseorang yang tak memiliki faktor genetik mengenai penyakit Alzheimer sekali pun.

Masih dalam riset yang diterbitkan pada tahun 2012, Journal of Alzheimer Disease mengemukakan bahwa kebiasaan menggunakan merica terutama merica hitam pada makanan yang diolah dapat membantu seseorang untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer, suatu penyakit yang juga tak mengenal batasan usia.

Baca Juga :   Dalam Pengadaan Vaksin Covid-19, Indonesia Dorong Kerja Sama Dengan UE-ASEAN

3.Menghindarkan dari Kejang

Selain membantu untuk mengembalikan hormon serotonin, pemicu perasaan senang, zat aktif piperine dalam merica ternyata diketahui juga cukup ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Hal tersebut seperti menghindarkan seseorang dari risiko kejang.

Penelitian pada Biological and Pharmaceutical Bulletin, 2010 menyebutkan bahwa kandungan aktif tersebut secara tidak langsung dapat mengatur aliran kalsium yang mengakibatkan sel-sel saraf melepaskan neurotransmitter. Hal ini dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya kejang pada tubuh.

4.Mengobati Stroke

Manfaat merica bagi kesehatan otak memang menakjubkan. Tak hanya mampu mengurangi risiko dari penyakit Alzheimer atau kepikunan, merica dipercaya juga dapat mengobati seseorang yang terserang penyakit stroke.

Sebuah penelitian dalam Journal of American Geriatric Society menjelaskan bahwa penderita stroke yang menghirup aroma merica dapat berangsur membaik. Hal ini dikarenakan aroma merica dapat mengaktifkan bagian otak manusia yang berfungsi untuk menelan. Dalam penelitian tersebut, sampel yang digunakan ialah penderita stroke yang mengalami kesulitan menelan.

5.Manfaat Merica untuk Berat Badan Ideal

Hidung tersumbat adalah salah satu efek dari adanya flu yang menyerang pertahanan tubuh, Untuk meredakannya, Anda dapat mengonsumsi merica atau lada putih dalam jumlah yang normal.

Sebab, merica mengandung senyawa dekongestan alami yang mampu membantu menghilangkan penumpukan lender pada saluran pernapasan saat terjadi flu. Caranya, campurkan merica ke dalam masakan yang berkuah sesuai selera Anda.

7.Membersihkan Kulit Wajah

 Tak hanya itu, merica rupanya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Lagi, senyawa piperine ternyata juga dapat mengurangi paparan radikal bebas yang mampu menyebabkan masalah pada kulit wajah seperti kusam hingga penuaan dini.

Maka dari itu, untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan cantik, Anda dapat mengonsumsi merica secara rutin. Namun, yang perlu diingat ialah konsumsi merica dalam batas yang wajar dan dalam jumlah yang secukupnya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : merdeka.com
Bagikan :
error: Content is protected !!