15 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Ternyata Daun Seledri Bisa Mencuci Ginjal Kita Lho!

Realita Indonesia – Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan.

Seledri adalah jenis daun-daunan dari tumbuhan apium graveolens. Seledri termasuk dalam tanaman obat karena selain berkhasiat untuk kesehatan seledri juga berfungsi untuk penyedap masakan. Seledri berasal dari Jepang dan banyak digunakan pada olahan kuliner Jepang. Seledri umumnya digunakan daunnya saja di Indonesia.

Seledri berwarna hijau, bertangkai lunak, dan berbau harum. Rasa seledri juga cenderung manis sehingga mampu menambah citarasa masakan. Seledri biasanya digunakan dalam bentuk cincangan kasar pada masakan, terutama olahan kuliner berkuah. Seledri mudah ditemukan di pasaran dan harganya relatif sangat murah.

Seledri juga bisa Anda tanam sendiri di media yang sesuai untuk lingkungan rumah. Lebih baik lagi bila Anda menanam seledri di lingkungan yang dingin atau sedikit lembab. Seledri mengandung senyawa fenol, minyak atsiri, asam lemak, dan senyawa lainnya. Kandungan zat-zat tersebut membuat seledri diyakini berkhasiat. Seledri dapat meredakan perut kembung, menambah nafsu makan terutama untuk buah hati yang susah makan, anti rematik, aprodisiak, dan kegunaan lainnya.

Baca Juga :   Jangan Kaget Saat Mendengar Petir, Agama Islam Memberikan Do'a Saat Mendengar Petir,Ayo Hafalkan!

Apa saja khasiat daun seledri?

1. Menurunkan Tekanan Darah

Daun seledri diyakini bisa membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Memberi efek positif dari n-butylphthalide untuk menurunkan tekanan darah.

Mengonsumsi daun seledri secara rutin mampu mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.Kandungan kalium yang ada di dalam daun seledri membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah.

2. Meringankan Nyeri Sendi

Daun seledri memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meringankan gejala radang sendi, rematik, hingga asam urat. Mengonsumsi daun seledri bisa mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri.

Memiliki sekitar 25 senyawa antiradang yang bisa melindungi tubuh dari peradangan, mengonsumsi daun seledri secara rutin dapat mengurangi risiko peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis.

Baca Juga :   SEREM!! GINI KALAU OM YAPTO NGOMONG ‼️(EXCLUSIVE Japto Soerjosoemarno)

Daun seledri juga dipercaya dapat mengatasi asam urat.

3. Mencegah Kanker

Daun seledri mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Daun seledri sering dimanfaatkan sebagai obat antikanker.

Sifat antioksidan pada daun seledri bekerja dengan baik menjaga organ dan mencegah kerusakan sel tubuh yang menjadi pemicu kanker. Selain itu, daun seledri mengandung flavonoid yang disebut luteolin.Kedua kandungan tersebut membuat sel-sel kanker lebih rentan terhadap serangan bahan kimia yang digunakan dalam terapi.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun seledri selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Daun seledri yang tinggi serat dan sifat antioksidan dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan.Daun seledri juga memiliki kandungan polisakarida berbasis pektin yang bisa membantu melancarkan pencernaan, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun seledri bisa menjadi satu di antara makanan alternatif ketika ingin menurunkan berat badan. Daun seledri memiliki kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah.Daun seledri juga punya kemampuan untuk menjadi cadangan nutrisi bagi tubuh dan mengelola metabolisme lemak tubuh. Daun seledri cocok menjadi pilihan alternatif menu program diet.

Baca Juga :   Perkecil Risiko Kanker Prostat Stadium Lanjut, Saat Turun Badan Menurut Studi

Mengonsumsi daun seledri membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan sangat penting bagi tubuh untuk mengatur metabolisme lemak.

6.membersihkan ginjal

Manfaat daun seledri untuk kesehatan ginjal yang pertama dapat digunakan sebagai zat yang efektif untuk melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas, antioksidan dapat mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan pada ginjal.

Resep dan cara pembuatan obat herbal seledri untuk membersihkan ginjal

Bahan :

  • 1 ikat daun seledri
  • 1 liter air mineral

Cara membuat :

  1. cuci 1 ikat seledri sampai bersih, lalu potong-potong
  2. siapkan 1 liter air mineral kedalam panci
  3. masukkan potongan daun seledri kedalam panci lalu didihkan
  4. jika sudah, masukkan kedalam gelas, simpan di kulkas agar dingin
  5. air rebusan seledri siap dikonsumsi!

Agar lebih jelas cara pembuatannya, yuk simak video dibawah!

[KGVID]https://realitaindonesia.com/wp-content/uploads/2020/08/MENCUCI-GINJAL-dengan-DAUN-SELEDRI-Best-Herbs-for-Kidney-Cleansing.mp4[/KGVID]

Editor : Realita Indonesia

Sumber : liputan6.com

Bagikan :
error: Content is protected !!