Tak Kenal Jera, 27 Nelayan Pencuri Ikan Asal Vietnam Akan Dideportasi

realitaindonesia.com – Pemerintah Indonesia melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak memberikan sanksi terhadap 27 nelayan Vietnam.

Sanksi tersebut diberikan akibat nelayan Vietnam itu mencuri ikan di perairan Indonesia.

“Para nelayan Vietnam tersebut merupakam penyerahan dari Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikana (PSDKP) Pontianak,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, Iwan Irawan dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Sanksi yang diberikan berupa deportasi yang akan dilakukan pada Minggu, 20 Juni 2021.

Skema deportasi akan melalui Bandara Supadio dengan tujuan Jakarta, baru ke Vietnam.

Salah satu prosedur pengembalian WNA di tengah pandemi Covid-19 yakni dengan melakukan tes swab antigen.

Hasil dari tes swab antigen dari 27 nelayan dari Vietnam yang berjenis kelamin laki-laki mereka dinyatakan negatif Covid-19.

Baca Juga :   Simulasi Vaksinasi Covid-19 Digelar Di Puskesmas Bogor Dan Dipantau Langsung Pak Jokowi, Keren Pak!

“Proses deportasi akan dibagi menjadi dua karena penerbangan dari Pontianak ke Jakarta pada hari Minggu, 20 Juni 2021 penuh,” ujar Iwan Irawan.

Kloter pertama, pihak imigrasi akan mengirimkan 24 orang, sementara itu, tiga orang lagi masih menunggu informasi dari Kedutaan Vietnam.

“Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pontianak telah berkoordinasi dengan Keduataan Besar Vietnam di Jakarta dan Direktorat Jenderal Imigrasi terkait dengan pelaku illegal fishing tersebut. Pemulangan mereka harus segera dilaksanakan karena kami terkendala terkait dengan bahan makanan,” ucap Iwan.

Menilik ke pasal 75 ayat 1 dan 2 UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigitasian, pejabat Imigrasi berwenang melakukan tindakan administratif keimigrasian untuk orang asing yang berada di wilayah Indoneesia yang melakukan tindakan berbahaya dan diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak taat undan-undang.

Baca Juga :   Kenapa Pemerintah Ingin Lakukan Pilkada 2024? Ini Kata Direktur Indikator

***

Artikel ini telah tayang di :
https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012080644/curi-ikan-di-wilayah-perairan-indonesia-pemerintah-beri-sanksi-terhadap-27-nelayan-vietnam

Bagikan :

Next Post

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Banyuwangi

Sab Jun 19 , 2021
Banyuwangi merupakan sebuah wilayah yang masih jauh dari hingar bingar perkotaan, di mana kawasan ini masih memiliki suasana lingkungan yang menyegarkan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memilihnya sebagai objek yang ampuh menyegarkan jiwa dan pikiran Selain populer dengan destinasi bersejarahnya, Banyuwangi juga punya banyak koleksi objek-objek alamyang menggiurkan. Berikut […]

Breaking News

error: Content is protected !!