‘Tahun 2020 Menginspirasi Kita Dalam Membuat Terobosan dan Inovasi’ Kata Pak Jokowi

Realita Indonesia – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, bahwa tahun 2020 memberi banyak pelajaran kepada bangsa. Tahun tersebut memaksa untuk bekerja melampaui batas yang akhirnya bisa dilewati.

“Tahun 2020 yang penuh kesulitan, penuh tantangan telah kita lewati. Tahun 2020 memberikan banyak pelajaran kepada kita. Menginspirasi kita, dalam membuat terobosan dan inovasi. Memaksa kita bekerja melampaui batasan dan membuktikan bahwa kita mampu dan kita bisa,” katanya dalam Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-58 secara virtual, Selasa (5/1).

Jokowi menambahkan, 2021 adalah tahun yang penuh harapan. Semuanya berupaya keras agar permasalahan kesehatan bisa ditangani dengan cepat dan vaksinasi akan segera dilakukan.

“Tapi, kita semua harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin,” kata kepala negara.

Baca Juga :   Vaksin Covid-19 Digratiskan Jokowi, Bamsoet: Lampu Merah bagi Para Spekulan

Selain itu, lanjut Jokowi, kehidupan perekonomian mulai sedikit bangkit dan akan terus bangkit lebih baik dengan ditandai banyaknya investasi di awal tahun 2021. Investasi akan meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Serta, membawa kemajuan perekonomian Indonesia di tengah persaingan global yang sangat ketat.

“Namun, semua peluang tersebut membutuhkan kesiapan di berbagai bidang. Terutama dalam pengembangan talenta unggul Indonesia yang berkarakter kebangsaan kuat, selalu inovatif, yang kompetitif, dan mampu memenangkan hiperkompetisi dunia yang penuh dengan disrupsi dan ketidakpastian,” tuturnya.

Jokowi melanjutkan, Indonesia menunggu IPTEK unggul produk Universitas Brawijaya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dia bilang, selama pandemi Covid-19 total paten yang diajukan oleh para inventor Unibraw sebanyak 132 paten. Tertinggi di Indonesia dalam kategori Universitas.

Baca Juga :   Mudah Dan Murah, Ini Nih Makanan Penambah Hemoglobin

“Namun saya berharap, kita tidak berhenti pada jumlah paten. Dan harus dilanjutkan dengan jalinan kerja sama untuk memperkuat hilirisasi hasil-hasil riset dan inovasi itu, melalui kolaborasi antara universitas dengan dunia industri untuk kemajuan bangsa,” tuturnya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : Tempo.co

Bagikan :
error: Content is protected !!