12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Suka Pegal-pegal ? Ternyata Kapulaga Bisa Dijadikan Obatnya Lho!

Realita Indonesia – Kapulaga adalah jenis rempah yang biasanya digunakan sebagai penambah rasa serta aroma pada masakan. Rempah ini umum dikonsumsi di Asia terutama di wilayah India dan sekitarnya. Kegunaan utama kapulaga adalah sebagai penguat rasa pada makanan. Pernah makan kari atau gulai khas India atau masakan khas Timur Tengah? Pasti Anda akan menemukan jejak harum yang khas dan juga sedikit rasa yang berbeda. Itu semua berasal dari rempah imut ini. Untuk apa saja sih kegunaannya?

Kalau senang dengan masakan India atau Timur Tengah seperti kari dan gulai pastinya sudah tak asing lagi dengan nama rempah berikut ini. Amomum cardamomum atau yang lebih dikenal dengan nama kapulaga ini memang menjadi salah satu remapah wajib pada setiap masakan India maupun Timur Tengah.

Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan istilah pai thou kou dalam bahasa Tionghoa, orang Yunani menyebutnya Cardamomom , sedangkan orang Inggris menyebutnya Cardamom. Cardamom atau kapulaga banyak sekali di temui di India, Sri Lanka, Thailand dan juga Guatemala dan mulai diperdagangkan di Indonesia sekitar tahun 1986.

Kapulaga tak hanya di gunakan sebagai rempah penyedap masakan, ataupun pemberi aroma pada kue tapi juga biasa digunakan untuk campuran jamu. Aromanya sangat khas karena kandungan minyak astiri yang tinggi pada kapulaga. Dan orang Inggris menyebutnya ‘grains of paradise’ karena aroma harum yang khas dari si kapulaga.

Baca Juga :   selama Pandemi, Ini Nih Aturan Menggunakan dan Membersihkan Kamar Mandi

Di Indonesia, kapulaga terbagi ke dalam dua jenis yaitu kapulaga hijau dan kapyulga putih. Meskipun masih dalam satu jenis, tapi keduanya memiliki aroma dan juga bentuk fisik yang berbeda loh! Kapulaga Putih, bentuk fisiknya agak bulat dan ringan. Bijinya berwarna hitam, kulitnya putih kecoklatan.

Sedangkan kapulaga Hijau, atau lebih popular dikenal dengan Kapol India, bentuknya sedikit lebih panjang dan pipih. Aromanya lebih tajam dan wangi, dengan biji berwarna hitam dan kulit sedikit kehijauan. Sebenarnya masih ad asatu jenis kapulga lain, yaitu kapulaga cokelat. Aromanya mirip dengan kamper dan biasanya digunakan untuk hidangan nasi di Timur Tengah.

Di pasar dunia, kapulaga hijau harganya jauh lebih mahal dari kapulaga putih. Kapulaga juga dipercaya dapat meredakan batuk dan juga mencegah pengeroposan tulang. Biji kapulaga yang sudah dikeringkan itulah yang biasa digunakan sebagai obat. Biji kapulaga yang sudah dikeringkan ini bernama semen cardamomi

Selain untuk bumbu dapur, kapulaga juga punya khasiat untuk kesehatan, apa saja?

1.Membantu menurunkan tekanan darah

Kapulaga dianggap dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah studi di mana 20 orang dewasa penderita hipertensi diberi 3 gram bubuk kapulaga per hari.Setelah 12 minggu, tekanan darah para penderita pun menurun secara signifikan dalam angka normal. Temuan ini dipengaruhi oleh tingginya tingkat antioksidan dalam kapulaga.

2.Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Baca Juga :   Masker Kain Tidak Semuanya Aman, Yuk Perhatikan Jenis Bahannya!

Dalam jangka panjang, peradangan bisa menyebabkan penyakit kronis. Namun, kapulaga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat melawan peradangan sehingga mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti kanker, penumpukan lemak di pembuluh darah (aterosklerosis), diabetes melitus, dan hipertensi.Tak hanya itu, antioksidan dalam kapulaga juga dipercaya mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menghentikan terjadinya peradangan.

3.Membantu mengatasi masalah pencernaan

Selama ribuan tahun, kapulaga telah digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Kapulaga juga sering dicampur dengan rempah-rempah herbal lain untuk menghilangkan ketidaknyamanan pada perut, mual, dan muntah.Dalam sebuah penelitian terhadap tikus, kapulaga juga telah terbukti mengurangi jumlah dan ukuran tukak lambung.

4.Mengobati infeksi

Kapulaga memiliki efek antibakteri yang dapat mengobati infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga dan minyak atsiri mengandung senyawa yang dapat melawan beberapa jenis bakteri.Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat kapulaga yang satu ini.

5.Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kapulaga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini dipengaruhi oleh aktivitas antioksidannya yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung.Dalam penelitian tersebut, tikus yang mendapat kapulaga memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

6.Meningkatkan kesehatan mulut

Baca Juga :   Bukan Hanya Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah, Daun Pandan Juga Bisa Menghilangkan Flek Hitam Dan Komedo

Sebuah studi menemukan bahwa biji kapulaga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut karena sifat antiperadangan dan antioksidannya. Ekstrak kapulaga pun dapat mengganggu bakteri yang menyebabkan penyakit gusi, bau mulut, dan gigi berlubang.

7.Mengurangi risiko kanker

Kapulaga mengandung fitokimia alami yang dapat membantu melawan penyakit kanker. Sifat antikanker yang dimiliki rempah-rempah ini dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker.Sebuah studi pada hewan menemukan bahwa suplemen kapulaga yang dikonsumsi selama 15 hari dapat mengurangi ukuran tumor di kulit.

8.Bisa menyembuhkan pegal-pegal

Kandungan kimia dalam kapulaga di antaranya minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein gula, dan sedikit lemak. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat ekspektoran,Batang dan daun kapulaga ini bermanfaat untuk menyembuhkan pegal-pegal pada tubuh atau sering disebut dengan encok. Caranya adalah dengan menumbuk halus batang dan daun tersebut, setelah itu oleskan tumbukan tersebut pada bagian yang terkena encok.

Resep dan cara pembuatan obat herbal kapulaga untuk pegal-pegal

Bahan :

  • kapulaga secukupnya
  • 2 gelas air mineral

Cara Membuat :

  1. cuci terlebih dahulu kapulaga yang akan digunakan
  2. siapkan air  2 gelas kedalam panci, biarkan mendidih
  3. setelah air mendidih, masukkan kapulaga biarkan 3-10 menit
  4. air rebusan kapulaga siap dikonsumsi!

Agar lebih jelas cara pembuatannya, yuk simak video dibawah!

[KGVID]https://realitaindonesia.com/wp-content/uploads/2020/08/Cara-Mengolah-Kapulaga-Untuk-Menyembuhkan-Pegal-Pegal.mp4[/KGVID]

Editor : Realita Indonesia

Sumber : sehatQ.com

Bagikan :
error: Content is protected !!