Spaghetii Brulee

Realita Indonesia – Salah satu makanan yang sedang populer di media sosial adalah spaghetti brulee. Menu pasta ini menggabungkan antara saus bolognaise yang asam dan manis dengan saus bechamel yang gurih dan creamy. Spaghetti brulee banyak disukai karena memiliki cita rasa yang unik.

Jika Anda tertarik membuatnya, baru-baru ini Chef Devina Hermawan membagikan resep membuat spaghetti brulee di channel YouTubenya yang bisa menjadi inspirasi Anda. Berikut resep membuat spaghetti brulee seperti dikutip dari YouTube Devina Hermawan.

Bahan-bahan:

225 gr spaghetti, rebus

Bahan saus bolognaise:

1 siung bawang bombai, potong dadu
3 siung bawang putih, cincang
3 sdm pasta tomat
4 sdm saus tomat
1 sdm kecap inggris
2 lembar bay leaf
2 sdt oregano
1 buah tomat, cincang
1 batang seledri, iris
8 buah jamur champignon, iris
3 sdm jus apel
200 ml air
½ sdt garam
1 sdt gula
¼ sdt merica
½ sdt kaldu jamur

Baca Juga :   Tsani Annafari Mundur Dari Jabatannya Sebagai Kepala Bapenda DKI

Bahan saus bechamel:
50 gr mentega
50 gr tepung terigu
500 ml susu
¼ sdt pala bubuk
½ sdt onion powder
125 gr keju cheddar atau quick melt
15 gr keju parmesan
½ sdt garam
1 sdt gula
¼ sdm merica

Bahan sambal kering:
15 cabai rawit, iris serong
2 siung bawang putih, iris
½ sdt kaldu jamur
Minyak secukupnya

Cara membuatnya:
1. Untuk saus bolognaise, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga kering lalu tambahkan bay leaf dan batang seledri, tumis sebentar. Tambahkan jamur champignon tumis hingga wangi. Masukkan ayam dan tomat, masak sebentar. Tambahkan saus tomat, pasta tomat, kecap inggris, oregano, jus apel, dan air. Bumbui dengan garam, gula, merica, dan kaldu jamur masak hingga mendidih.

Baca Juga :   Kemendagri : Perubahan Nama Sumatera Barat Menjadi Daerah Istimewa Minangkabau Belum Jadi Prioritas

2. Sisihkan bay leaf lalu campurkan saus bolognaise dengan pasta yang sudah direbus, aduk rata dan taruh di atas loyang. Untuk saus bechamel, lelehkan mentega lalu masukkan tepung terigu. Masak hingga wangi lalu tambahkan pala bubuk dan susu, aduk terus jangan sampai menggumpal. Masukkan keju cheddar, parmesan, onion powder lalu bumbui dengan garam, gula, dan merica aduk terus hingga mengental. Jika tekstur saus kurang halus bisa diblender ataupun disaring.3. Tuang saus bechamel ke atas spaghetti bolognaise hingga rata, lalu panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 15-20 menit atau hingga atasnya kecokelatan. Untuk sambal kering, aduk cabai rawit dengan kaldu jamur lalu goreng hingga setengah kering kemudian tambahkan bawang putih iris. Masak dengan api kecil hingga kering lalu tiriskan. Sajikan spaghetti brulee dengan sambal kering.

Baca Juga :   Sebelum MotoGP, Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Lombok Ditarget Rampung
Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
facebook sharing button
Bagikan :
error: Content is protected !!