27 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Soal PSBB Jawa-Bali, Kata Menkes : Kurangi Mobilitas Dapat Bantu Lindungi Tenaga Kesehatan

Realita Indonesia – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah akan menerapkan PSBB Jawa Bali atau pembatasan kegiatan pada 11 Januari hingga 25 Januari 2021. Hal ini merupakan salah satu cara agar mengurangi mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Sudah lebih dari 500 tenaga kesehatan kita yang wafat. Oleh karena itu saya minta tolong. Tolong kita bantu mereka, kita lindungi mereka kita jaga mereka dengan mengurangi mobilitas dalam 2 minggu mulai tanggal 11 Januari,” kata Budi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Januari 2021.

Mulai pekan depan, pemerintah baru akan mulai melaksanakan program vaksinasi terhadap tenaga kesehatan. Sejak Ahad malam, 3 Januari 2021 vaksin buatan Sinovac telah mulai didistribusikan ke 34 Provinsi. Tenaga kesehatan memang menjadi prioritas pertama pemerintah sebagai penerima vaksin pertama.

Baca Juga :   Perekrutan CPNS Akan Dibuka Bulan April 2021, Yuk Siap-siap!

Budi mengatakan tingkat kematian pada tenaga kesehatan masih tinggi. Terlebih potensinya semakin besar karena adanya tren kenaikan kasus pasca liburan panjang akhir tahun.

“Setiap setelah liburan panjang rata-rata kasus aktif itu naik antara 30 sampai 40 persen. Ini akan memberikan tekanan ke rumah sakit kita yang ada, akan memberikan tekanan ke tenaga kesehatan kita yang ada,” kata Budi.

Apalagi sebelum mulai liburan pun, kondisi rumah sakit sudah lumayan penuh. Beberapa rumah sakit bahkan sudah sangat penuh.

“Tenaga kesehatan kita juga sudah cukup lama dan cukup letih menangani pandemi covid ini,” kata dia.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : Tempo.co

Bagikan :
error: Content is protected !!