13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

SMP Swasta Gratis Disiapkan Dindik Surabaya untuk Warga Kurang Mampu

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Supomo (Foto: Dok. Esti Widiyana)

Realita Indonesia – Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya akan memfasilitasi putra-putri yang tidak bisa masuk ke SMP Negeri melalui PPDB. Dindik menyiapkan SMP Swasta gratis.

Progam tersebut akan diberikan kepada warga yang masuk dalam kategori Mitra warga dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang tidak lolos dalam PPDB. Namun, mekanisme dan kuotanya telah ditentukan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo mengatakan, nantinya warga yang mendapat program tersebut bisa sekolah dengan gratis hingga lulus.

“Nanti bagi kategori Mitra Warga dan MBR yang kemudian tidak bisa diterima di sekolah negeri karena kuota terbatas, maka bisa ke sekolah swasta yang bekerja sama dengan kita, untuk bisa gratis biaya sekolah sampai dengan lulus,” kata Supomo saat dihubungi detikcom, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga :   Tiga Mahasiswa ITS Melahirkan Sebuah Inovasi Manfaatkan Limbah Minyak Jelantah

Supomo menjelaskan, sekolah gratis tersebut merupakan CSR dari sebuah perusahaan untuk membantu warga yang kurang mampu di Surabaya. “Yang menjalin kerja sama dengan kita jumlahnya ratusan sekolah. Jadi mereka bisa ke sekolah SMP terdekat,” tambah Supomo.

Sementara mengenai proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi, Supomo menyampaikan, telah berakhir pada Senin (29/6) dan telah diumumkan hasilnya.

“Mulai tadi sudah diumumkan, sesuai dengan pagu sekolah masing-masing. Karena yang zonasi itu jumlahnya 50 persen,” lanjut Supomo.

Ia berharap, bagi yang diterima langsung melakukan daftar ulang data pribadi. Kemudian pada Kamis (2/6) ada pengumuman berdasarkan pagu masing-masing sekolah.

“Setelah daftar ulang, tanggal 2 Juli besok diumumkan berdasarkan pagu masing-masing,” pungkas Supomo.

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca 02 Mei 2021 Jabodetabek

Editor : Realita Indonesia
Sumber : news.detik.com

Bagikan :
error: Content is protected !!