17 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Siapa Penyelamat Ekonomi RI Kala Pandemi? Pastinya Bukan Investor Asing

investasi

Realita Indonesia – Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sutrisno Iwantono mengatakan, dalam hal investasi pemerintah jangan hanya fokus untuk mencari investor asing saja. Namun, pemerintah harus juga menjaga dan memelihara investor dalam negeri atau yang sudah ada.

“Orientasinya boleh ke investor asing tapi saya lihat kondisi di global, mereka (investor asing) masih memikirkan diri sendiri. Kalau kita berharap mereka akan datang ke sini tampaknya agak susah,” katanya dalam diskusi secara virtual, Rabu (2/9/2020).

Untuk itu, dia meminta agar pemerintah tidak melupakan investor dalam negeri. Sebab dalam kondisi seperti ini, investor yang sudah ada dalam negeri menjadi kartu penyelamat ekonomi.

Baca Juga :   Untuk Hadang Hoaks Covid-19, Jokowi Minta Erick Thohir Untuk Siapkan Strategi

“Kita bersyukur Indonesia agak berbeda dengan negara-negara di Eropa. Mereka sangat saling ketergantungan karena sudah go global, jadi ketika satu kena yang lain juga ikut terseret. Beruntung kita tidak terlalu bergantung ke investor global sehingga yang jadi kartu penyelamat investor dalam negeri,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga harus menjaga existing investor. Sebab, banyak investor yang memiliki aset yang bisa direinvestasi. “Kita jangan hanya fokus mencari investor baru, karena yang lama harus dipelihara. Misalnya investor lama punya aset yang bisa di reinvest. Ini yang harus juga diperhatikan pemerintah,” terangnya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : sindonews.com

Bagikan :
error: Content is protected !!