27 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Selain Untuk Darah Tinggi, Daun Durian Belanda ( Sirsak ) Mampu Mengobati Kista Lho!

sirsak ( foto Dok.sehatQ )

Realita Indonesia – Sirsak, buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Biasanya saat panas terik sirsak diolah menjadi jus yang menyegarkan, tapi dapat juga diolah menjadi manisan, permen, ataupun dodol.

Pada daerah-daerah lain, sirsak memiliki banyak sebutan yang berbeda seperti nangka Belanda atau durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari.

Selain itu sirsak juga mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, B dan banyak lainnya. Selain buahnya yang banyak dikonsumsi secara langsung, daun dari buah satu ini juga tak kalah mengandung segudang manfaat bagi kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 10 manfaat daun sirsak yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Mengobati Kolesterol

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa mengobati kolesterol. Kolesterol seringkali banyak menyebabkan komplikasi penyakit. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, daun sirsak bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Caranya adalah pilih 10 lembar daun sirsak yang berukuran sedikit tua, dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya saja. Anda bisa meminumnya dalam keaadaan hangat maupun dingin. Minumlah rutin setiap pagi agar dapat merasakan manfaat daun sirsak ini secara cepat.

Baca Juga :   Demi Herd Immunity, Agustus Nanti Jokowi Naikkan Target 2 Juta Vaksin per Hari

2. Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat mengatasi penyakit kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker.

Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

3. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang seringkali mengintai orang-orang baik orang tua maupun anak muda. Tidak membedakan pria dan wanita, penyakit ini juga sama-sama berpotensi dapat terkena penyakit ini. Senyawa yang ada pada daun sirsak membuktikan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Hal ini dikarenakan saun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol.

Antioksidan yang terkandung di dalam daun sirsak juga dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Caranya adalah anda bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak. Ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu. Hal tersebut cukup untuk membantu tubuh untuk mencegah radikal bebas.

5. Mengobati Penyakit Paru-paru

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat pencegah penyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Cara untuk menggunakan daun sirsak untuk mengobati penyakit paru adalah ambil 10-15 daun sirsak lalu cuci dan keringkan dibawah sinar matahari. Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

6. Meningkatkan Kesuburan

Bagi para kaum wanita yang sedang merencanakan kehamilan, manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya berkaitan dengan kesuburan. Daun sirsak berfungsi untuk merangsang kehamilan lebih cepat. Daun sirsak ini juga dapat melancarkan menstruasi bagi wanita, sehingga dengan siklus menstruasi yang lancar akan membuat kehamilan semakin mudah terjadi.

Nyeri punggung, merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada kebanyakan yang lelah bekerja dan para lansia yang memiliki masalah pada persendiannya. Biasanya, orang akan lebih memilih obat kimia dibandingkan dengan bahan alami seperti daun sirsak. Padahal banyak efek samping yang mengintai apabila terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia.

Air rebusan daun sirsak juga memiliki khasiat sebagai bahan alternatif alami yang bisa mengatasi nyeri punggung. Cara penggunaan daun sirsak yaitu, dengan merebus 20 lembar daun sirsak dalam lima gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3/4 cangkir ramuan ini sekali sehari.

9. Pengobatan Eksim dan Rematik

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah membantu pengobatan penyakit eksim dan rematik. Daun sirsak dapat mengatasi dan sebagai obat alami untuk nyeri. Resep untuk mendapatkan manfaat ini yaitu dengan menumbuk daun sirsak sampai halus dan balurkan pada area tubuh yang nyeri rematik atau area yang terdapat eksim. Oleskan dua kali sehari.

nah untuk cara pembuatan herbal daun sirsak ( daun durian belanda ) yaitu :

Bahan :

  • 5 lembar daun sirsak
  • air secukupnya

Cara membuat :

  1. cuci terlebih dahulu daun sirsak tersebut
  2. lalu masukkan kedalam panci yang sudah berisi air
  3. lalu didihkan sampai air rebusan tersebun berubah
  4. air rebusan siap dikonsumsi

agar lebih jelas,yuk simak videonya!

[KGVID]https://realitaindonesia.com/wp-content/uploads/2020/08/Tak-Perlu-Operasi-Kista-Hilang-Sembuh-Total-Dengan-Air-Rebusan-Daun-Sirsak.mp4[/KGVID]

Editor : Realita Indonesia

Sumber : merdeka.com

Bagikan :
error: Content is protected !!