Selain Menyehatkan Sistem Pencernaan, Ternyata Temukunci Juga Bisa Digunakan Untuk Menurunkan Berat Badan!

Realita Indonesia – Temu kunci (Boesenbergia rotunda (L.) Mansf. syn. Curcuma rotunda L., B. pandurata (Roxb.) Schlechter, Kaempferia pandurata Roxb.) adalah sejenis rempah-rempah yang rimpangnya dipakai sebagai bumbu dalam masakan Asia Tenggara. Bentuk temu kunci agak berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah.

Rimpang temu kunci berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan. Daunnya diketahui memiliki efek antiracun.Di Thailand temu ini dikenal dengan nama krachai, sementara pustaka Inggris menyebutnya fingerroot atau chinese ginger. Dalam bahasa Mandari  dikenal sebagai ao chun jiang.

Bentuk temu kunci agak berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah. Rimpang temu kunci berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan. Daunnya diketahui memiliki efek antiracun.

Tidak hanya untuk bumbu dapur saja, adapun khasiat yang terkandung dalam Temu kunci untuk obah herbal, apa saja?

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Temu kunci mengandung senyawa pinostrobin yang membantu melindungi kesehatan usus, lambung, serta organ pencernaan lainnya.

Baca Juga :   Bahaya Konsumsi Telur Setengah Matang, Hati-hati Lho

Tidak hanya itu. Daun dari temu kunci juga dipercaya punya sifat penangkal racun, antibakteri, antiradang, serta antioksidan yang berguna untuk mengobati berbagai masalah pencernaan.

2. Mencegah gigi berlubang

Streptococcus mutans dan Lactobacillus adalah bakteri yang hidup alami di dalam mulut. Namun jika jumahnya berlebihan, dua bakteri tersebut bisa menyebabkan karies dan gigi berlubang. Uniknya, ekstrak dari temu kunci mengandung senyawa aktif yang ampuh untuk melawan racun dari bakteri tersebut.

Anda bisa menggunakan temu kunci sebagai obat kumur atau dicampur bersama pasta gigi guna mendapat manfaat yang berlipat ganda.

3. Mencegah maag

Gejala maag dan ulkus lambung bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bahkan, perkembangan lebih lanjut dari bakteri ini juga sering dikaitkan dengan penyakit lambung kronis dan kanker usus besar.

Nyatanya selain bisa mengatasi gangguan pencernaan, temu kunci juga bisa mencegah penyakitnya terjadi sebelum Anda benar-benar terserang infeksi. Pasalnya, temu kunci mengandung komponen flavonoid yang bertugas sebagai obat alami untuk menghambat infeksi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori.

Anda bisa menggunakan minyak ekstrak akar temu kunci untuk mendapatkan manfaat ini. Namun ingat, tanaman ini hanya bersifat terapi tambahan. Maka, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda mengenai penggunaan minyak tersebut.

Baca Juga :   Apakah Benar Obat Penurun Kolestrol Bisa Mengurangi Keparahan Covid-19?

4. Meningkatkan gairah seks

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pharmacognosy Reviews menyatakan bahwa tanaman temu kunci berkhasiat baik sebagai afrodisiak. Afrodisiak adalah makanan ataupun minuman yang diklaim bisa meningkatkan gairah seksual seseorang.

Bukan tanpa alasan, karena temu kunci mengandung beragam zat aktif seperti alkaloid, minyak atsiri, flavonoid, dan asam fenolik. Tanaman ini juga kaya akan senyawa boesenbergin, krachaizin, panduratin, dan pinostrobin, yang bermanfaat sebagai peningkat libodi.

Pria yang rutin mengonsumsi jamu temu kunci dilaporkan memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang lebih baik. Antioksidan dalam temu kunci juga baik untuk mencegah kerusakan pada testis.

5.Untuk menurunkan berat badan

Karena herbal temukunci bisa mendetoksifikasi tubuh,mengeluarkan racun dalam tubuh,sehingga mudah untuk menurunkan berat badan yang terkena obesitas.

Baca Juga :   Yuk Hafalkan Doa Saat Meminta Ampunan

Nah, adapun resep herbal temu kunci untuk menurunkan berat badan :

Bahan :

  • temu kunci
  • air hangat
  • daun salam
  • gula merah

Cara membuat :

  1. cuci terlebih dahulu temu kunci dan daun salam
  2. kemudian masukkan kedalam alat tumbuk, lalu tumbuk temu kunci dan slam tadi hingga halus
  3. setelah halus masukkan kedalam saringan,dan letakkan diatas gelas
  4. kemudian berikan air hangat kedalam saringan tersebut sehingga mengeluarkan cairan ekstrak temu kunci
  5. terakhir beri gula merah agar tidak pahit
  6. jamu temu kunci siap di konsumsi!

Agar lebih jelas cara pembuatannya, yuk simak video dibawah ya!

Editor : Realita Indonesia

Sumber : hellosehat

Bagikan :
error: Content is protected !!