27 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Seiring Sudah Memasuki Musim Hujan, Yuk Cegah Penyakit DBD Dengan 5 Langkah Efektif Ini

Realita Indonesia – Tak terasa musim hujan telah tiba. Curah hujan yang tinggi sering memicu terjadinya banjir di mana-mana. Banyaknya air yang tergenang juga berpotensi menjadi sarang nyamuk. Akibatnya, penyakit demam berdarah (DBD) sering bermunculan.

Di tengah kondisi saat ini, menjaga kesehatan tentu jadi hal utama salah satunya dengan mencegah DBD. Selain dengan rutin membersihkan rumah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah DBD seperti dikutip dari pharmeasy berikut ini.

1. Usir Sarang Nyamuk

Nyamuk Aedes aegypti atau nyamuk DBD umumnya berkembang biak di genangan air yang ada pada benda-benda seperti penutup plastik, pot bunga, mangkuk air hewan peliharaan, dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan selalu untuk membuang genangan air tersebut secara rutin. Membuang genangan air akan mengurangi habitat nyamuk untuk berkembang biak dan bersarang.

Baca Juga :   "Dari Umur 4 Tahun di Jakarta Baru Dengar Ada Tunawisma di Sudirman-Thamrin" Sindiran Pedas Ariza Ke Mensos Risma

2. Cek Ventilasi

Nyamuk DBD juga sangat mungkin untuk masuk ke dalam rumah melalui ventilasi udara yang tidak tertutup dengan benar. Jadi, pastikan selalu untuk cek jendela atau sekat pintu tidak memiliki lubang apapun. Hal ini akan mencegah nyamuk masuk dan bersarang di dalam rumah.

3. Gunakan Obat Nyamuk

Obat nyamuk sering kali jadi senjata andalan untuk mengusir nyamuk, terutama di daerah tropis dengan populasi penduduk yang ramai. Selain obat nyamuk, penggunaan krim anti nyamuk juga dapat membantu mencegah gigitan nyamuk. Namun, sebelum menggunakannya pastikan Anda tidak alergi terhadap obat atau krim nyamuk tersebut.

4. Pakai Baju Panjang

Guna menghindari gigitan nyamuk, menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang, dan kaos kaki juga bisa menjadi pilihan. Mengenakan pakaian tertutup seperti ini sangat disarankan untuk digunakan, khususnya di daerah yang sering terjadi DBD.

Baca Juga :   Jaga Kamtibmas Saat Perayaan Paskah, Polda Kalteng Gelar Patroli Skala Besar

5. Pasang Kelambu

Di zaman serba modern ini, kelambu mungkin sudah jarang digunakan atau terkesan jadul. Padahal, ini bisa jadi cara untuk melindungi dari gigitan nyamuk, khususnya pada bayi. Pasalnya, tempat tidur yang dipasang kelambu akan menyulitkan nyamuk menggigit tubuh sehingga tidur pun akan jauh lebih nyenyak.

Nah, itulah kelima cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk DBD di musim hujan. Jangan lupa juga untuk selalu bersihkan saluran air dan sudut-sudut rumah guna menghindari sarang nyamuk.

Untuk perlindungan lebih, Anda bisa menggunakan Mega Health Protection, asuransi dari Mega Insurance yang memberikan perlindungan apabila harus dirawat inap di rumah sakit akibat penyakit tropis, salah satunya adalah DBD.

Baca Juga :   Kang Emil-Anies Potensial Cawapres Sedangkan Prabowo-Ganjar Bersaing Ketat

Editor : Realita Indonesia

Sumber : detikhealth.com

Bagikan :
error: Content is protected !!