Seduh Kopi Vietnam Dengan 3 Cara Ini!

Realita Indonesia – Dari banyaknya teknik seduh kopi, salah satu yang populer adalah vietnamese drip. Teknik seduh kopi ini terbilang mudah dan hasilnya harum nikmat.

Sebutan kopi Vietnam sebenarnya merujuk pada teknik pembuatannya yang mengandalkan alat khusus. Sementara untuk jenis kopinya sendiri bisa menggunakan kopi apapun, tapi yang umumnya dipakai adalah jenis robusta. Kopi Vietnam bisa disajikan langsung ataupun diberi campuran susu kental manis. Kini kopi Vietnam versi dingin bahkan jadi favorit banyak orang.

Di Vietnam, masyarakat menyebut kopi ini “cà phê sữa nóng” yang artinya kopi hitam dengan susu. Sementara alat Vietnamese Dripper untuk membuatnya dikenal dengan sebutan “cà phê phin”. Berdasarkan catatan sejarah, alat berupa tabung metal yang digunakan untuk membuat kopi Vietnam ini dibawa oleh orang Prancis yang datang ke Vietnam.

Penggunaan susu kental manis pada kopi Vietnam juga dikarenakan sulitnya mendapatkan susu segar pada zaman dahulu. Tradisi minum kopi dengan campuran susu kental manis ini dilakukan secara turun temurun hingga saat ini. Sekarang kopi Vietnam bahkan dikenal di banyak negara dan memiliki banyak penggemar.

Baca Juga :   Wapres Nilai Terowongan Masjid Istiqlal Adalah Simbol Toleransi

Untuk membuat kopi Vietnam sebenarnya tidaklah sulit, kamu bisa menikmati segelas kopi nikmat di rumah. Modalnya hanya kopi bubuk, susu kental manis dan alat seduh Vietnamese dripper. Alat ini juga mudah didapat di toko online dengan harga terjangkau.

Berikut 3 cara mudah seduh kopi Vietnam di rumah.

1. Kopi Vietnam Original

Kopi Telur Vietnam

Kopi Vietnam original ini dibuat menggunakan 100 persen bubuk kopi tanpa tambahan apapun. Biasanya digunakan kopi robusta dengan tingkat giling medium atau tidak terlalu halus. Gunakan bubuk kopi sekitar 15-20 gram tergantung ukuran cangkir yang digunakan.

Masukkan kopi bubuk pada tabung Vietnamese Dripper kemudian kunci menggunakan saringan metalnya yang memiliki lubang-lubang kecil. Tekan perlahan hingga bubuk kopi padat. Siapkan air panas, tuangi perlahan sampai batas tabung Vietnamese Dripper. Diamkan selama 4-5 menit sampai air menetes seluruhnya ke dalam cangkir atau gelas.

Baca Juga :   Fakta Nutrisi Manggis, Yang Dijuluki Buah Super Apa Saja?

Kopi bisa langsung dinikmati hangat. Sebagai saran, suhu air yang direkomendasikan untuk menyeduh kopi dengan teknik ini adalah berkisar 88-90 derajat celsius.

2. Kopi Vietnam Susu

Pots of coffee bean are seen at a coffee shop in Hanoi on August 15, 2012. Vietnam who has exported some 1.2 million tons of coffee during the first seven months of the year, remains among the world's top coffee producers and exporters. AFP PHOTO/HOANG DINH Nam (Photo by HOANG DINH NAM / AFP)

Selain menikmati kopi original, orang-orang juga mengenal kopi Vietnam dalam varian yang disajikan dengan susu kental manis. Proses pembuatannya hampir sama, hanya saja gelas yang digunakan untuk menampung kopi sudah lebih dulu diberi susu kental manis.

Siapkan gelas, isi dengan 2-3 sendok makan susu kental manis. Lalu siapkan kopi bubuk yang sudah dimasukkan dalam alat Vietnamese Dripper. Seduh dengan air panas secukupnya. Diamkan hingga kopi menetes seluruhnya. Kopi bisa langsung disajikan hangat. Sensasi manis pahit kopi susu ala Vietnam ini bikin banyak orang ketagihan.

Baca Juga :   Cegah Alzheimer Dengan Tidur

Penggunaan jumlah susu kental manis bisa disesuaikan dengan ukuran gelas. Jika ingin mendapatkan kopi yang nendang maka tak perlu banyak menambahkan susu kental manis.

3. Kopi Vietnam Iced

Kopi Vietnam

Varian es kopi susu Vietnam populer di kalangan kaum hawa. Sensasi harum kopi dan creamy susu kental manis tak kalah nikmat saat disajikan dingin dengan tambahan es batu.

Membuat kopi vietnam dingin tidaklah sulit, kamu hanya perlu menambahkan es batu. Cara menyeduhnya yakni sama seperti cara seduh kopi Vietnam susu panas namun sebelum dicampur es batu, kopi harus diaduk lebih dulu agar susu kental manis larut dalam kopi.

Setelah kopi dan susu bercampur rata barulah ditambahkan es batu. Dalam versi dingin, es kopi susu Vietnam ini punya rasa lebih ringan. Sekilas mirip kopi susu kekinian namun dengan rasa manis dominan dari susu kental manis.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : sindonews.com

Bagikan :
error: Content is protected !!