27 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Satu orang KPPS Gunung Kidul positif Corona

Realita Indonesia – Seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Gunungkidul dinyatakan positif virus Corona. Temuan satu orang KPPS positif Corona ini berawal dari screening yang dilakukan oleh KPU Gunungkidul.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, menuturkan pihaknya memang melakukan screening kepada petugas KPPS yang akan bertugas di pemungutan dan perhitungan suara Pilkada 2020.

Ahmadi menjabarkan hasil rapid test yang dilakukan diketahui ada satu petugas KPPS yang reaktif. Setelah ditindaklanjuti dengan tes swab, diketahui hasilnya positif virus Corona.

“Iya, sementara yang masuk ke kami baru 1 itu. Karena belum semua kami terima datanya. Informasinya (petugas KPPS) daerah Panggang. Ini segera kita proses penggantiannya,”ujar Ahmadi Rabu (25/11).

Baca Juga :   Bakal Dilarang Buat Minum Alkohol, Kalo Es Tape Masuknya Kategori Apa Ya?

Ahmadi menerangkan bahwa usai ada temuan petugas KPPS yang positif terpapar virus Corona, pihaknya akan melakukan penggantian terhadap petugas tersebut. Hal ini sesuai mekanisme yang ada.

Ahmadi menambahkan, tujuan dari screening petugas KPPS ini untuk memastikan semua petugas terbebas dari virus Corona. Sehingga, sambung Ahmadi, penyelenggaraan Pilkada bisa berjalan dengan baik dan bebas dari virus Corona.

“Gini, jadi (screening dilakukan) sebagai upaya maksimal KPU dalam pemungutan suara nanti biar aman. Sehingga semua KPPS dirapid test, kalau nanti reaktif diswab dan kalau positif nanti kita ganti. Jadi kita memastikan semua petugas KPPS aman. Harapannya saat pemungutan tidak ada petugas yang terpapar COVID-19,” pungkas Hani.

Baca Juga :   Pemerintah mendukung pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo demi mendorong kesiapannya sebagai DPSP

Sumber : Merdeka.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!