24 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan aktivitas tambang ilegal bijih timah.

Realita Indonesia – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan aktivitas tambang ilegal bijih timah di Kolong Spritus yang berlokasi belakang Kantor Balai Latihan Kerja Pemprov di Pangkalpinang.

“Penertiban dilakukan menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan aktivitas tambang ilegal tersebut,” kata Kepala Satpol PP Bangka Belitung, Yamoa Harefa di Pengkalpinang dilansir Antara, Kamis (26/11).

Saat tim tiba di lokasi, lokasi sudah terlihat bersih tidak ada aktivitas tambang karena para penambang melarikan diri dengan membawa mesin tambang. Sedangkan peralatan tambang lainnya ditenggelamkan untuk mengelabui petugas.

“Para anggota turun ke air dan menemukan pipa isap, pipa rajuk dan peralatan tambang ilegal yang sengaja disembunyikan di dalam air. Selanjutnya barang-barang tersebut kami sita agar tidak ada lagi aktivitas penambangan,” katanya.

Baca Juga :   Tangani Covid-19,Pemerintah Terkesan Putus Asa

Penambangan di lokasi itu mengakibatkan kerusakan lingkungan, antara lain tanah di sekeliling kolam mulai longsor sehingga membahayakan dan berpotensi membuat pagar kantor BLK Babel ambruk.

Selain itu, juga meresahkan warga karena kolong Spritus merupakan tempat warga mandi, mencuci dan mengambil air minum.

“Beberapa kantor juga mengharapkan suplai air dari kolong itu,” katanya.

Dengan adanya penertiban itu diharapkan bisa menimbulkan efek jera bagi para penambang sehingga tidak ada lagi aktivitas tambang liar di lokasi tersebut.

Sumber : Merdeka.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!