Riki M Sidik Anggota Komisi II Fraksi Partai Demokrat Hadiri Rakor Penanggulangan Dampak Banjir Di Garut

oleh -526 Dilihat

GARUT, REALITA INDONESIA. COM – Bertempat di kantor BPBD Kabupaten Garut, Bupati Garut, Rudy Gunawan, dan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Dampak Banjir yang terjadi di 13 Kecamatan di Kabupaten Garut. Sabtu, (16/07/2022)

Selain melibatkan seluruh dinas, para camat, badan atau instansi terkait lainnya, rapat koordinasi tersebut juga dihadiri anggota Komisi II DPRD Kabupaten Garut.

Mewakili Bupati yang telah terlebih dahulu meninggalkan ruangan rapat, Helmi Budiman menyampaikan beberapa arahan terkait penanganan darurat banjir yang terjadi pada Jum’at, 15 Juli 2022 malam hari tersebut.

Selain menampung pelaporan-pelaporan kondisi terdampak banjir serta penanganan yang telah dilakukan pada tiap-tiap wilayah banjir dan longsor, pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Helmi Budiman mengimbau para kepala SKPD termasuk para camat untuk menyampaikan laporan secara lengkap dan terbuka terkait permasalahan yang ditimbulkan dari banjir tersebut.

Seusai rapat, salah seorang Anggota Komisi II dari Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Garut, H Riki Muhammad Sidik, S. Sos, menilai langkah Pemda Garut dalam merespon peristiwa musibah banjir pada Jum’at malam, 15 Juli 2022, sudah berjalan dengan baik.

“Langkah Pemda melalui dinas terkait serta para camat dan pihak terkait lainnya dalam menghadapi banjir termasuk dampaknya patut mendapat apresiasi,” ujar Riki.

Ditambahkan Riki, para pemangku kebijakan, dalam hal ini dinas-dinas utama harus menyiapkan langkah-langkah agar banjir serupa dapat diantisipasi.

Diimbau politisi Partai Demokrat tersebut, agar semua pihak, khususnya Pemda, mewaspadai adanya ancaman banjir seperti yang pernah terjadi pada 2016.

“Kita sebaiknya mengantisipasi banjir bukan hanya dari sumber saluran airnya saja, tetapi juga perlu dipikirkan semua aspek yang menjadi ekosistem sungai yang keberadaannya sangat dipengaruhi lingkungan sekitarnya, termasuk mengelola lahan sesuai dengan fungsinya,” tutup H Riki Muhammad Sidik.(wa Oded)

No More Posts Available.

No more pages to load.