Ridwan Kamil Mengajak DPRD REI Jabar untuk membangun rumah di Rebana Metropolitan.

Realita Indonesia – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Jabar untuk membangun rumah di Rebana Metropolitan.

Salah satunya, membangun rumah yang berdekatan dengan tempat kerja. Ridwan mengungkap lokasi yang dekat antara rumah dan tempat kerja akan menguntungkan tiga pihak yaitu pemilik kota industri, REI, dan para buruh.

“Pihak REI tidak perlu mencari tanah karena sudah disesuaikan oleh pengembang kota industri,” ujarnya saat membuka Musyawarah Daerah ke-12 DPD REI Jabar melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/11).

Bagi para buruh, Emil menambahkan akan diuntungkan karena konsep work, live, and play dapat menekan pengeluaran biaya sehari-hari dari segi transportasi.

Baca Juga :   Jangan Hanya Diam, Pak Jokowi Minta Masyarakat Bisa Aktif Mengkritik Dan Beri Masukan

“Sehingga para buruh dan karyawan bisa jalan kaki atau naik sepeda dari rumah ke tempat kerja dan bisa menghemat pengeluaran bulanan terkait transportasi,” katanya.

Sehingga, Ridwan akan mengkaji secara bertahap masukan dari DPD REI Jabar terkait perizinan permukiman sehingga pengembangan khususnya di Rebana Metropolitan bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Rebana Metropolitan sendiri diproyeksikan menjadi masa depan ekonomi Jabar dengan 13 kota baru di sana, di antaranya Patimban City dan Subang Smartpolitan. Emil mengatakan pembangunan kota baru akan mengutamakan konsep bekerja, tinggal, dan bermain dalam satu kawasan, termasuk perumahan yang tidak berjauhan dengan pabrik.

Dia juga menjelaskan, pada 2021 akan ada 5 kota baru yang berbasis industri di Rebana Metropolitan dan akan tersedia lahan-lahan untuk REI.

Baca Juga :   Yuk Ke Yogyakarta, Ada Banyak Destinasi Wisata Instagramable Lho!

“Itu salah inovasi yang akan dilakukan di Jabar sehingga pada 2021 awal ada yang dibangun. Termasuk penambahan rumah yang layak secara umum,” ujarnya.
Lihat juga: Penyaluran Dana FLPP Sudah Lampaui Target

Selain itu, Emil pun berharap pada 2021 ekonomi bisa semakin membaik sehingga meningkatkan daya beli masyarakat termasuk industri real estate.

“Harapannya setelah ekonomi membaik pada 2021 kita bisa melihat kenaikan daya beli dari masyarakat termasuk dalam mengakuisisi dan membeli produk real estate,” tuturnya.

Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Baca Juga :   Polri Minta Evaluasi Operasi Madago Raya dan Nemangkawi, Anggaran Besar Dipertanyakan

Sumber : CNN Indonesia

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!