17 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

RI Dorong Akses Mudah Pengembangan Vaksin Untuk Jelang KTT G20

Realita Indonesia – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) para pemimpin negara-negara G20 akan diselenggarakan pada 21-22 November 2020. Menjelang pertemuan tersebut, Indonesia menekankan pentingnya kemudahan akses vaksin Covid-19 sehingga dapat menjadi barang publik (public goods).

“Itu harus disepakati semua negara anggota, bahwa vaksin corona akan menjadi public goods, dengan kemudahan mendapatkannya,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Affandi Lukman di Jakarta Selasa (3/11/2020).

Selaku Sherpa (utusan) G20 Indonesia Rizal mengatakan, di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo Indonesia akan terus mendukung pengembangan vaksin yang efektif, berkualitas, dan aman. Sebab hal itu menjadi kunci dalam pemulihan ekonomi dunia, khususnya bagi negara anggota G20.

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia dan ASEAN, Essam Bin Ahmed Bin Abed Al-Thaqafi mengatakan Indonesia telah berpartisipasi aktif mendorong hal tersebut. Dia menyebut Indonesia tidak pernah absen dalam semua pertemuan penting kelompok G20.

Baca Juga :   Kemendag Batasi Diskon e-Commerce, Untuk Setop Predatory Pricing??

“Selama masa kepemimpinan Arab Saudi sebagai ketua G20, sudah tercatat 13 pertemuan penting antara menteri dan pejabat negara anggota, dimana Indonesia telah berpartisipasi dalam semua pertemuan, baik saat membahas kesehatan, pertanian, tenaga kerja hingga pariwisata,” kata Essam.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!