Resep Hari Ini : Ongol-ongol Gula Merah Dari Sagu

Realita Indonesia – Jawa Barat terkenal dengan ragam kulinernya yang pedas. Namun, di balik semua itu, masih terdapat jajanan tradisional dengan rasa manis, yakni ongol-ongol. Camilan ini terbuat dari tepung sagu dengan taburan kelapa parut.

Tekstur kenyal dan lembutnya bikin kamu gak bisa berhenti makan. Tak hanya cocok dibuat camilan bersama keluarga, tapi juga bisa jadi sajian lezat di acara spesialmu. Simak resep membuat ongol-ongol gula merah berikut ini.

2. Campurkan tepung sagu dengan santan

Resep Ongol-ongol Gula Merah, Jajan Tradisional untuk Rayakan Lebaran

Tuangkan santan ke dalam panci, lalu panaskan hingga mendidih. Jika santan sudah terlihat sedikit mengental, artinya santan sudah matang. Segara matikan kompor dan biarkan santan dingin sebentar.

Selanjutnya, masukkan tepung sagu dan 500 ml santan yang sudah matang ke dalam wadah. Aduk sampai merata dan tak ada adonan yang terasa menggumpal. Sisihkan sesaat.

3. Masak santan bersama gula aren

4. Baluri ongol-ongol dengan kelapa parut

Resep Ongol-ongol Gula Merah, Jajan Tradisional untuk Rayakan Lebaran

Tuangkan adonan ongol-ongol ke dalam loyang yang sudah dilapisi dengan plastik. Biarkan sebentar hingga dingin dan memadat. Potong-potong sesuai dengan selera, tapi jangan terlalu besar.

Selanjutnya, siapkan kelapa parut yang sudah dikukus hingga matang di atas piring. Guling-gulingkan ongol-ongol sampai terbaluri kelapa parut secara merata. Ongol-ongol gula merah siap untuk dinikmati.

Begitulah resep dan cara membuat ongol-ongol yang empuk dan legit. Jajanan tradisional seperti ini memang sering bikin rindu, ya gak? Selamat mencoba!

Editor : Realita Indonesia

Sumber : IDNTimes.com

Bagikan :
error: Content is protected !!