Resep Hari Ini : Kuah Asam Ikan Tude Manado

Realita Indonesia –  Kota Manado saat ini kembali masuk dalam wilayah zona merah pandemic covid-19. Meski demikian jangan bingung ketika selera makan anda meletup-letup serta ingin berpetulang kuliner di sejumlah rumah makan di Manado terhalang oleh kekhawatiran virus tersebut.

Caranya, cobalah sekali-kali maksimalkan kemampuan masak anda misalnya membuat kuah asam dengan menu utama ikan tude buatan rumah. Sambil kumpul-kumpul bersama keluarga, masak bersama diiringi cengkerama bersama anak-anak pasti nuansanya terasa beda.

Apalagi kemudian disajikan ala rumah makan dengan beragam pilihan makanan tambahan yang disajikan untuk disantap bersama.

Nah, sekarang kembali ke kuah asam, ikan tude Manado. Kuah asam Manado ini biasanya menggunakan beragam jenis ikan sesuai selera pembuat atau pemesannya. Misalnya selain menggunakan ikan tude juga ada kuah asam ikan kakap merah, tuna, salmon, kuah asam ikan nila dan masih banyak lagi jenis kuah asam lainnya di Manado. Tinggal bagaimana persiapan awalnya ikan apa yang akan dijadikan campuran di kuah asam khas Manado.

Baca Juga :   Usia 19-59 Tahun Akan Dipastikan Oleh Airlangga Untuk Mendapatkan Vaksin covid-19 Secara Gratis

Menurut salah seorang pembuat kuah asam rumahan ikan tude Manado, Nya Fatimah, sebenarnya resepnya sama saja seperti pada umumnya kuah asam. Hanya berbeda sedikit sesuai selera pemesan atau kesukaan keluarga sebagai pelengkapnya. Resepnya juga praktis dan mudah dipelajari serta dipraktekan di rumah bersama keluarga.

“Untuk bahan-bahannya siapkan beberapa ekor ikan tude atau ikan kembung, tomat, daun kemangi, sereh, daun bawang, bawang merah serta garam secukupnya. Bahan-bahan ini kan biasanya sudah ada di daput,”jelasnya.

Soal ukuran kata dia, menyesuaikan saja menyesuaikan jumlah ikan yang akan dijadikan bahan kuah asam. Selain itu siapkan pula beberapa cangkir air, daun jeruk, jeruk nipis, dan cabai (cabe) rawit hijau.

Baca Juga :   Mayoritas Klub Minta Liga 1 Dihentikan, Pelatih Persib Heran

oran dalam perut ikan, lalu belah menjadi dua dan pada ikan tersebut beri perasan air jeruk dan beri garam secukunya, lalu sisihkan (kurang lebih 15 menit). Ini dimaksudkan agar ikan tersebut hilang rasa anyirnya.

“Baru kemudian siapkan bahan masakan dan iris bawang merah. Kemudian beri air dan didihkan selanjutnya masukkan bawang merah, serai, daun jeruk, garam dan cabai rawit utuh,”ujarnya.

Berikutnya setelah air sudah mendidih giliran ikan tersebut dimasukkan dan masak sekira 8 menit. Setelah itu masukkan tomat, daun bawang aduk-aduk sebentar lalu tambahkan kemangi dan perasan air jeruk. Jika kemangi sudah tampak layu angkat dan sajikan selagi panas.

“Makan kuah asam berbahan ikan tude ini enaknya dimakan panas-panas. Apalagi sedang musim hujan seperti saat sekarang cocok sekali,”terangnya.

Baca Juga :   Ini Nih Daftar Lokasi Untuk Vaksinasi Bagi Lansia Di DKI Dan Sekitarnya

Menurut Fatimah, untuk kresep kuah asam dengan ikan lain pun sebenarnya tidak jauh berbeda bahannya.

“Tapi biasanya ada juga yang mencampur bumbunya dengan bawah putih dan irisan terong serta ditambah dengan daun kangkung. Yah sesuka-sukanya sesuai selera rumahan ya,” katanya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : sindonews.com

Bagikan :
error: Content is protected !!