13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Rektor : Mahasiswa Dituntut Kuasai Lima Literasi, Untuk Kuliah Perdana VII

Realita Indonesia – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tahun akademik 2020/2021 menerima 5830 mahasiswa baru (5607 program sarjana (S1) dan 223 program diploma). Mengawali tahun ajaran baru dengan menyelenggarakan kuliah perdana mahasiswa baru secara virtual di GKU Sardjito UII, Selasa (8/9/2020).

Sedangkan para mahasiswa baru mengikutinya melalui live streeming kanal Youtube UII di tempat masing-masing. Rektor UII Prof. Fathul Wahid membuka langsung kuliah perdana tersebut.

Rektor UII Prof. Fathul Wahid kepada para mahasiswa mengatakan di kuliah UII, tidak hanya belajar disiplin ilmu pilihan, tetapi juga memperdalam ilmu agama dan mengamalkannya serta mengasah kepedulian sosial sebagai anak bangsa.

Di UII, semangat keilmuan, keislaman, dan kebangsaan dipertemukan dalam harmoni. Sehingga akan menjadi bekal yang penting di masa mendatang bagi mahasiswa baru sebagai calon pemimpin bangsa, aktor peradaban masa depan.

Baca Juga :   Wapres : Tetap Beri Imbau Kepada Warga Untuk Beribadah Di Rumah Saat Ramadhan Di Situasi Pandemi Ini

“Masa depan membutuhkan aktor dengan literasi (pengetahuan dan keterampilan) baru. Inilah saatnya, selain penguasaan dalam bidang disiplin ilmu pilihan, literasi lain diasah dan dilengkapi,” paparnya.

Fathul menjelaskan, ada lima leterasi yang harus dikuasai oleh para mahasiswa. Yaitu literasi keberagamaan, kebangsaan, kepemimpinan, teknologi dan budaya. Literasi keberagamaan akan memberikan arah hidup, literasi kebangsaan akan menyadarkan keberagaman Indonesia, literasi kepemimpinan akan mengasah visi ke depan, menapakinya, dan menggerakkan orang lain berjalan bersama.

Literasi teknologi akan memberi amunisi untuk memanen manfaatnya. Literasi budaya akan mempersenjatai untuk siap menjadi warga global. Di antaranya dengan menguasai bahasa internasional, terutama Inggris dan Arab. “Namun, mahasiswa UII bisa menambahkan beragam literasi lain untuk melengkapinya,” tandasnya.

Baca Juga :   Hanya dengan Segelas Air Jeruk Dicampur Garam, Tubuh Tetap Langsing dan Berstamina

Kabag Humas UII Ratna Permata Sari mengatakan rangkaian kegiatan mahasiswa baru setelah mengikuti kuliah perdana secara daring mahasiswa, yakni kegiatan orientasi mahasiswa baru dengan tajuk Pesona Ta’aruf (PESTA) 9-13 September 2020, Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI) 1 15-17 September 2020, dilanjutkan orientasi mahasiswa baru di tingkat fakultas 19-24 September 2020.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : sindonews.com

Bagikan :
error: Content is protected !!