27 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Polri menggelar Operasi Lilin 2020 untuk mengamankan Natal dan tahun baru 2020.

Realita Indonesia – Polri menggelar Operasi Lilin 2020 untuk mengamankan Natal dan tahun baru 2020. Sebanyak 191.584 personel diturunkan untuk mengamankan operasi kemanusiaan tersebut.

“Ada 191.584 personil yang akan dilibatkan dalam operasi. 4.216 pos pelayanan dan pos pengamanan. Itu yang kita siapkan di dalam operasi khusus kepolisian terpusat, operasi lilin,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020).

Operasi Lilin telah dimulai sejak 23 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Selain personel, Polri juga menyiapkan 4.216 pos pelayanan yang tersebar di berbagai daerah.

“Ada operasi khusus kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin yang diselenggarakan 23 Desember sampai 4 Januari,” sebutnya.

Baca Juga :   Tanpa Obat, Aman dan Cepat, Ini Nih 23 Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Operasi Lilin kali ini dilaksanakan di tengah pandemi virus Covid -19. Sehingga, nantinya polisi pun akan mengesampingkan penindakan yang sifatnya represif.

“Untuk kegiatan mengedepankan kegiatan simpati yang kita utamakan dan kemudian tidak ada represif. Jadi simpati kita kedepankan misalnya ada masyarakat yang menggunakan kendaraan yang melintas di jalan seandainya tidak gunakan masker nanti kepolisian bekerjasama dengan instansi terkait kita akan menyediakan dan memberikan masker contohnya seperti itu, maupun hand sanitizer ataupun nanti ada sembako yang akan kita berikan,” ungkapnya.

Operasi kemanusiaan kali ini dilakukan sambil melakukan bakti sosial. Polri menyiapkan 5.000 ton beras untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak COVID-19.

Baca Juga :   Massa FPI di Megamendung Sulit Dikendalikan Satgas COVID-19 Ungkap Bupati Bogor.

“Dari pak Kapolri menyampaikan bahwa kepolisian melalui Aslog Kapolri telah menyediakan 5.000 ton beras nanti akan diberikan kepada Polda dan kepada Polres seluruh Indonesia. Ini digunakan untuk bantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” lanjutnya.

Operasi Lilin digelar selama 15 hari. Selain melakukan operasi lilin, Polri akan memetakan daerah-daerah yang berpotensi rawan macet.

“Bawasannya, kewilayahan telah dilakukan warning, rencana nanti untuk liburan akhir tahun seperti biasa, Polri akan melaksanakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Lilin 2020 yang digelar selama 15 hari, dari tanggal 21 Desember sampai 4 Januari 2021,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga :   "Disease X" Penyakit Yang Berpotensi Menjadi Pandemi Baru

“Tentunya hal tersebut dengan warning tersebut, kewilayahan diperintahkan untuk melakukan mapping, pemetaan terkait daerah-daerah rawan,” lanjutnya.

Sumber : Detiktravel

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!