12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Pilih Dan Hindari Makanan Ini, Kalau Tak Mau Sakit Saat Datang Bulan!

ilustrasi sakit mensturasi

Realita Indonesia – Mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan tertentu sangat membantu dalam mengatasi kram dan gejala lain selama menstruasi.

sementara, menjalani menstruasi tidaklah mudah, dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang parah pada banyak wanita. Itulah mengapa penting untuk mengkonsumsi sehat saat haid.

“Menstruasi tidak melukai dirinya sendiri, tetapi kram atau gejala lain mungkin tidak nyaman. Selama waktu ini, anak perempuan harus lebih memperhatikan diet dan sanitasi mereka,” kata Dr. Rohini Patil, ahli gizi dan pendiri Nutracy Lifestyle seperti dilansir Times of India.

Ketidak nyamanan ini karena pola makan yang tidak tepat sehingga dapat menyebabkan rasa sakit, sakit kepala, mual, diare, dan banyak gejala lainnya. Sebelumnya, ahli gizi telah membagikan beberapa makanan yang harus dikonsumsi wanita dan makanan yang juga harus dihindari selama menstruasi.

Baca Juga :   Tidak Berpotensi Tsunami, Terjadi Gempa Bumi Magnitudo 4,3 Mengguncang Nabire

1. Sayur dan buah
Sayuran berdaun hijau membantu memerangi masakah rasa sakit saat haid. Pastikan Anda juga memasukkan buah-buahan kaya air, seperti semangka dan mentimun. Jika Anda mengidam gula, beralihlah ke buah-buahan manis.

“Ini dapat membantu mengekang keinginan makan gula Anda tanpa makan banyak gula rafinasi yang dapat menyebabkan kadar glukosa Anda melonjak dan kemudian jatuh,” sarannya.

2. Ayam dan ikan

Sumber zat besi dan protein yang bagus ada pada ayam dan ikan dan pastikan Anda menambahkannya ke dalam makanan Anda. Makan protein sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga :   Begini Respons Menkominfo, Tentang Survei Microsoft Sebut Warganet RI Paling Tak Sopan

“Ini kaya protein dan asam lemak omega 3. Mengkonsumsi zat besi akan menangkal penurunan kadar zat besi saat menstruasi, ”kata Dr Patil.

3. Kacang dan cokelat hitam
Pastikan Anda memasukkan cokelat hitam ke dalam makanan Anda karena kaya akan magnesium dan zat besi. Kacang sama pentingnya, jadi pastikan Anda meminumnya setiap hari. “Kebanyakan kacang kaya akan asam lemak omega 3 dan merupakan sumber protein yang bagus. Jika Anda tidak ingin makan kacang sendiri, tambahkan ke dalam smoothie buah Anda, ”saran ahli gizi.

4. Air
Kita semua tahu bahwa air minum itu penting. Tetap terhidrasi dapat mengurangi kemungkinan terkena sakit kepala dehidrasi, yang merupakan gejala umum menstruasi.

Baca Juga :   Ini Penjelasan Ilmiah Soal Mutasi Sempurna COVID-19, Tanda Bahaya Dikeluarkan

Sementara, ada makanan yang harus Anda hindari selama haid. Apa saja?

1. Garam dan makanan pedas
Hindari gorengan dan camilan siap saji termasuk makanan kemasan karena kaya akan garam dan natrium.

“Konsumsi garam berlebih menyebabkan retensi air yang menyebabkan kembung selama menstruasi,” kata Dr Patil. Bahkan, hindari juga makanan pedas karena bisa membuat perut mual dan menyebabkan naiknya asam lambung.

2. Kopi
“Hindari minuman seperti kopi, minuman energi dll karena dapat menyebabkan sakit kepala dan sembelit. Itu juga bisa menyebabkan masalah pencernaan,” ujarnya.

3. Alkohol
Alkohol memiliki banyak efek pada tubuh mulai dari mabuk berat hingga sakit kepala.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : health.sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!