14 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Pesawat N219 Buatan Anak Bangsa Resmi Disertifikasi Kemenhub, Jadi Tonggak Bersejarah Indonesia

Realita Indonesia – Pesawat N219 yang dibuat PT Dirgantara Indonesia (DI) berhasil mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku bangga dan mengapresiasi karya para anak bangsa yang telah melakukan pengembangan sejak pesawat N250 yang dibuat tahun 1995.

“Kami mengapresiasi tersertifikasinya pesawat N219 yang merupakan karya anak bangsa. Saya sampaikan rasa bangga karena telah melakukan kerja sama yang baik,” kata Budi Karya di acara Aero Summit 2020 secara virtual,¬†Jakarta, Senin (28/12).

Proyek pengembangan pesawat ini merupakan buah kerjasama antara PT Dirgantara Indonesia dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 2009, pasal 13 yang menyebutkan pesawat udara, mesin pesawat udara, dan baling-baling pesawat udara yang akan dibuat untuk digunakan secara sah (eligible), harus memiliki rancang bangun yang disertifikasi oleh Ditjen Perhubungan Udara.

Baca Juga :   Olahraga Roundnet Diperkenalkan ke Indonesia, Berawal di Kota Bandung

Setelah melalui rangkaian uji dalam proses sertifikasi dan final certification board meeting pada 18 Desember 2020, sertifikat tipe untuk pesawat udara N219 resmi diterbitkan. Dia ingin, selesainya proses sertifikasi tipe ini bisa menjadi tonggak bersejarah kebangkitan industri rancang bangun pesawat udara di Indonesia.

Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi PT Dirgantara Indonesia untuk terus berinovasi, karena pesawat ini masih diperlukan penyempurnaan teknis pada pesawat generasi selanjutnya. Sehingga, pesawat buatan anak Indonesia ini bisa bersaing dengan pesawat buatan luar negeri dan mempunyai daya jual yang tinggi. Apalagi pesawat ini memiliki keunggulan irit bahan bakar.

“Pengembangan pesawat ini kami apresia dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan ini akan siap bersaing dengan produk internasional,” kata dia.

Baca Juga :   Nekat! Ibu Hamil Ini Ikut Suaminya Merampok Sebuah Toko di Malang

Sebagai informasi, sertifikasi terhadap pesawat udara model N219 dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara sejak Februari 2014. Sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) bagian 21 atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) Part 21.

Masa sertifikasi berlaku selama 3 tahun, dan Ditjen Perhubungan Udara telah memberikan 2 (dua) kali ijin perpanjangan pada tanggal 8 Februari 2017 dan 11 Februari 2020.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : merdeka.com

Bagikan :
error: Content is protected !!