Persiapan Pilkades PAW Mekargalih Telah Memasuki Tahapan Akhir

oleh -330 Dilihat

 

Garut, Realita Indonesia.Com – Berkaitan dengan meninggalnya Kepala Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut meninggal dunia beberapa waktu lalu. Sekarang posisi desa tengah kekosongan jabatan kades.

Mengingat masa jabatan kades masih cukup panjang, sehingga harus dilaksanakan pilkades PAW (Pergantian Antar Waktu) untuk mengisi kekosongan tersebut.

Pada hari ini Kamis 2 Maret 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut, bersama Forkopimcam Tarogong Kidul, dan Panitia mengadakan seleksi terhadap 2 orang bakal calon.

Ustadz Buddy Oconk, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Mekargalih menjelaskan, seleksi tertulis yang dilaksanakan hari ini karena ada 2 calon yang nilainya sama.

2 orang yang nilainya sama ini terpaksa harus diseleksi dan gugur satu orang. 2 orang itu adalah Odang Suganda dan Ujang alias Muhammad Yusuf Ridwan. Seleksi tertulis pun dimenangkan oleh Odang Suganda.

” Pak Odang nilainya 56 sementara pak Ujang alias pak Muhammad Yusuf Ridwan nilainya 46,” terang Buddy.

Dengan demikian Odang Suganda bergabung dengan dua nama lain yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos. Sehingga yang dipastikan akan bertarung di Pilkades PAW adalah Odang Suganda, Pipit dan Ateng.

” Sebetulnya yang mendaftar itu ada 7 orang. Nah yang 2 orang dipastikan lolos, sementara 3 orang lainnya dinyatakan gugur, kemudian 2 orang nilainya sama. Maka 2 orang yang nilainya sama hari ini dilakukan seleksi tertulis. Karena maksimal calon di pilkades PAW itu hanya 3 calon saja,” jelas Buddy.

 

Dalam seleksi tertulis ini dihadiri antara lain, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Garut Idad badrudin, Camat Tarogong Kidul Doni Rukmana, Kapolsek dan Danramil, ketua panitia pemilihan, BPD dan LPMD Mekargalih.

Buddy menjelaskan, ketiga orang yang sudah dinyatakan lolos ini akan mengikuti pilkades PAW dan mereka akan dipilih oleh perwakilan warga sebanyak 187 orang.

187 orang inilah yang memiliki hak suara dalam pilkades PAW nanti. Mereka perwakilan dari 9 RW 37 RT.

 

“Untuk pelaksanaan pemungutan suara akan di tetapkan pada tanggal 20 Maret 2023 dengan jumlah pemilih 187 orang yang terdiri dari 9 RW 37 RT,” ujar Buddy Oconk yang juga Ketua DPC LPM Kecamatan Tarogong Kidul.

Buddy Oconk yang juga pengurus LPM DPD Kabupaten Garut itu berharap, pilkades PAW nanti bisa berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Sehingga Desa Mekargalih mendapatkan seorang pemimpin atau ulil amri yang benar-benar aspirasi masyarakat dan amanah.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.