12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Perlu Registrasi Dan Verifikasi Untuk Penerima Vaksin Covid-19, Ini Caranya

Realita Indonesia – Penerima vaksin Covid-19 dari pemerintah harus melakukan verifikasi dan registrasi usai menerima notifikasi sebagai penerima vaksin. Registrasi dan verifikasi diperlukan agar pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan teratur dan sesuai target.

Mekanisme registrasi dan verifikasi sasaran dilakukan sebagai berikut, seperti dikutip dari Juknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Juknis itu berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No HK.02.02/4/ 1 /2021.

1. Sasaran penerima vaksinasi akan menerima notifikasi/pemberitahuan melalui SMS Blast dengan ID pengirim: PEDULICOVID, selanjutnya sasaran akan melakukan registrasi ulang untuk memilih tempat serta jadwal layanan melalui SMS 1199, UMB *119#, aplikasi Pedulilindungi, web pedulilindungi.id atau melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.

Layanan SMS dan UMB tidak dikenakan biaya alias gratis. Sasaran yang tidak memiliki ponsel akan dikompilasi datanya untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan Lurah, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, serta Puskesmas setempat.

Baca Juga :   Efek PPKM Mikro, Angka Kasus Covid-19 Di Indonesia Ada Dibawah Angka Global

2. Registrasi ulang sebagaimana dimaksud angka 1 meliputi juga upaya verifikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh sistem untuk mengkonfirmasi domisili serta skrining mandiri sederhana terhadap penyakit penyerta yang diderita. Sasaran dengan komorbid tertentu tidak dapat diberikan vaksinasi (penjelasan rinci mengenai komorbid dijelaskan pada Bab III). Verifikasi bagi sasaran yang tidak melakukan registrasi ulang akan dilakukan oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan Lurah, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, serta Puskesmas setempat.

3. Setelah sasaran melakukan verifikasi, sasaran memilih lokasi pelaksanaan dan jadwal vaksinasi. Selanjutnya, Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan kepada masing-masing sasaran penerima vaksin COVID-19 yang telah terverifikasi.

Baca Juga :   Kantor PLN Mamuju Rusak Berat Akibat Gempa M 6,2 Majene

4. Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi Peduli Lindungi kepada sasaran.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : Tempo.co

Bagikan :
error: Content is protected !!