Peringati Peristiwa 14 November, ‘Peluncuran Apollo 12 Dan Berdirinya Brimob

Realita Indonesia – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting di dalam maupun luar negeri terjadi pada tanggal 14 November tiap tahunnya. Di antaranya, Hari Lahirnya Korps Brimob Polri.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum dua peristiwa dan kejadian penting di tanggal 14 November dari Wikipedia, antara lain:

1. HUT ke-75 Brimob Polri

Korps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia atau sering disingkat Korps Brimob Polri adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter milik Polri.

Korps Brimob juga dikenal sebagai salah satu unit tertua yang ada di dalam organisasi Polri. Beberapa tugas utamanya adalah penanganan terrorisme domestik, penanganan kerusuhan, penegakan hukum berisiko tinggi, pencarian dan penyelamatan (SAR), penyelamatan sandera, dan penjinakan bom (EOD).

Baca Juga :   100 Domain Situs Entitas Perdagangan Tak Berizin Di Blokir Bappebti

Korps Brigade Mobil juga bersifat sebagai komponen besar didalam Polri yang dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas anti-separatis dan anti-pemberontakan, sering kali bersamaan dengan operasi militer. Korps Brimob tergolong sebagai “Unit Taktis Polisi” (Police Tactical Unit – PTU) dan secara operasional bersifat kesatuan Senjata dan Taktik Khusus (SWAT) polisi (termasuk Densus 88 dan Gegana Brimob).

Korps Brimob diresmikan pada 14 November 1945. Saat ini, kesatuan tersebut dikomandoi oleh Irjen Anang Revandoko.

Korps Brimob terdiri dari 2 (dua) cabang yaitu Gegana dan Pelopor. Gegana bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas operasi kepolisian khusus yang lebih spesifik seperti: Penjinakan Bomb (Bomb Disposal), Penanganan KBR (Kimia, Biologi, dan Radioaktif), Anti-Terror (Counter Terrorism), dan Inteligensi.

Baca Juga :   Pasar Quality Tourism Akan Dibentuk Oleh Bandara YIA Kulon Progo

Sementara, Pelopor bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas operasi kepolisian khusus yang lebih luas dan bersifat Paramiliter seperti: Penanganan Kerusuhan/Huru-Hara (Riot control), Pencarian dan Penyelamatan (SAR), Pengamanan instalasi vital, dan operasi Gerilya serta pertempuran hutan terbatas.

2. NASA luncurkan Appolo 12

Pada 14 November tahun 1969, program Apollo NASA meluncurkan Apollo 12 ke permukaan bulan sebagai misi angkasa berawak kedua ke bulan

Apollo 12 ialah sebuah misi ke-6 dari Program Apollo dari NASA, dan merupakan pesawat luar angkasa kedua yang mencapai Bulan. Apollo 12 diluncurkan dari Kennedy Space Center Kompleks 39 di Florida, Amerika Serikat pada tanggal 14 November 1969, mendarat tanggal 19 November 1969 di Oceanus Procellarum, Bulan, dan kembali ke Bumi pada tanggal 24 November 1969.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : Sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!