Peringatan Hari Pramuka ke-61 Kabupaten Garut Dilaksanakan Dengan Meriah

oleh -2309 Dilihat
oleh

 GARUT,Realita Indonesia.Com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Lapangan Oto Iskandar Di Nata, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin 29 Agustus 2022.

Bupati Garut juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Garut, Kak H Rudy Gunawan, bertindak sebagai Pembina Upacara, yang dalam amanatnya menyampaikan amanat dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Namun, sebelum membacakan amanat tersebut, Kak Rudy sempat mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Pramuka ke-61, dan ia berpesan untuk menjadikan Dasa Dharma sebagai falsafah dalam kehidupan sehari-hari gerakan Pramuka Garut.

” Anak-anakku, ade-adeku para Pramuka, sebelum membacakan sambutan Ka Kwarnas, selaku Ka Mabicab mengucapakan selamat hari ulang tahun Pramuka yang ke-61, juga berpesan mari kita jadikan Dasa Dharma sebagai falsafah dalam kehidupan sehari-hari gerakan Pramuka Kabupaten Garut,” ujar Kak Rudy.

Rudy berharap setiap anggota Pramuka Garut bisa menepati janji yang diucapkan melalui Dasa Dharma, khususnya bagi Pramuka siaga yang merupakan putra putri harapan bangsa pada generasi emas Indonesia di Tahun 2045.

” Dasa Dharma harus dipahami lahir dan batin, mampu dihafal, diamalkan dengan baik dan kita menjadi teladan, karena Dasa Dharma itu adalah kehidupan hakiki apalagi kita berada dalam satu situasi dimana kalian adalah generasi emas Indonesia di tahun 2045,” harapnya.

Sementara, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, dalam amanat tertulis yang dibacakan Bupati Garut, menuturkan jika HUT Pramuka ke-61 kali ini mengusung tema “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

” Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang, pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka, sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Garut juga selaku Ketua Kwarcab Garut, Kak H Helmi Budiman, mengatakan pelaksanaan HUT Pramuka ke-61 tingkat Kabupaten Garut kali ini dibatasi jumlahnya. Meski demikian, antusiasme peserta untuk mengikuti rangkaian peringatan hari pramuka tahun ini luar biasa.

” Kita batasi dululah karena kita kan masih level satu, kemudian juga walaupun dibatasi ternyata antusiasnya luar biasa, luar biasa itu coba lihat anak-anak kita dari cerianya, dari luar biasa asanya terkumpung terkurung karena Covid-19 sekarang bisa keluar,” katanya seusai Upacara Pelaksanaan HUT Pramuka ke-61 tingkat Kabupaten Garut.

Melalui tema yang diusung pada HUT Pramuka tahun ini, imbuh Kak Helmi, Pramuka harus siap mengabdi untuk membangun bangsa.

” Jadi mau dimana pun, mau usia berapa pun, mau kapan pun dia harus mengabdi untuk membangun kekuatan bangsa ya, jadi memang ini pasca Covid ini perlu dipulihkan kembali, bukan hanya Covidnya saja tetapi juga kehidupan termasuk dalam pramuka,” tandasnya.

Upacara HUT Pramuka tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Alun-Alun Garut ini, diakhiri dengan beberapa penampilan seperti flash mob gerakan Pramuka Garut, persembahan angklung dan lagu dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), hingga atraksi silat dan jaipong dari ABK.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.