Penyederhanaan Birokrasi untuk Mempercepat Pelayanan Masyarakat

Realita Indonesia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa tujuan dari penyederhanaan birokrasi yang dilakukan pemerintah saat ini adalah untuk mempercepat pelayanan terhadap masyarakat. Sebab, dengan sistem birokrasi yang sederhana, masyarakat dapat melakukan segala macam urusan administrasi menjadi lebih mudah dan cepat.

“Saya menegaskan lagi bahwa tujuan penyederhanaan birokrasi itu adalah mempercepat pelayanan masyarakat,” kata dia, dalam acara Forum Pembinaan Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional secara virtual di Jakarta, Senin (23/11).

Dia menambahkan, penyederhanaan birokrasi juga bertujuan untuk meningkatkan responsivitas dan meningkatkan kualitas output dari birokrasi itu sendiri. Dengan begitu, diharapkan dapat mempercepat pengambilan keputusan di tingkat pusat maupun daerah.

Baca Juga :   Google Meet Ada Pembaruan, Mulai 1 April Penggunaan Gratis Dibatasi Hanya Sampai 60 Menit (1 jam) Pertama

“Saya kira ini yang ingin memangkas birokrasi panjang menjadi yang ramping, birokrasi yang lebih dinamis, efisien, dalam pelayanan publik dan pemberian izin. Sehingga leader dari birokrasi ada di tangan eselon satu dan dua.

Dia berharap, dengan penyederhanaan sistem birokrasi sinergisitas instansi pusat dan daerah ke depannya juga akan lebih baik. Setidaknya ada keterpaduan dalam rangka proses pengambilan keputusan, melayani masyarakat, serta memberikan perizinan dalam konteks investasi.

“Investasi di tingkat daerah dan pusat bisa dibuat dengan baik yang endingnya adalah dalam konteks untuk membangun satu data,” tutupnya.

Dia menyadari, keterpaduan satu data di Tanah Air masih belum terwujud dengan baik. Karenanya harus ada keberanian dalam mewujudkan satu data. Sehingga outputnya adalah membangun tata kelola pemerintahan ini akan berjalan dengan efektif dan efisien.

Baca Juga :   Soal PPnBM Mobil Nol Persen, Menkeu Sri Mulyani Teken Aturan Tersebut

“Saya yakin bisa dengan semua pihak dengan membangun inovasi dan kemauan akan bisa,” tutupnya.

Sumber : Merdeka.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!